Film Batgirl Hidupkan Karakter Transgender DC Comics ke Layar

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 25 Jan 2022 10:46 WIB
Karakter komik DC, Alysia Yeoh, dikarang oleh Gail Simone dan kartunis Ardian Syaf untuk DC Comics. Dia adalah karakter transgender pertama dalam sejarah komik mainstream.
(Foto: dok. DC Comics) Film Batgirl Hidupkan Karakter Transgender DC Comics ke Layar
Jakarta -

HBO Max tengah menggarap film Batgirl dengan menggaet sederet nama seperti Leslie Grace, J.K. Simmons, Michael Keaton, hingga Brendan Fraser. Kini nama Ivory Aquino diumumkan ikut gabung ke proyek ini memerankan karakter transgender di DC Comics.

Ivory Aquino merupakan aktris keturunan Amerika-Filipina yang sebelumnya tampil dalam When We Rise. Dia didapuk memerankan karakter dari DC Comics bernama Alysia Yeoh yang merupakan seorang transgender berbakat sekaligus teman dekat dari Batgirl.

Sosok Alysia Yeoh memang terbilang ikonik. Sebagai manusia, dia sangat tangkas dalam di balik meja bar sebagai bartender dan juga jago memasak. Kehadirannya tentu sangat penting buat perkembangan karakter Batgirl yang adalah teman karibnya.

[Gambas:Instagram]

Dalam sejarah buku komik, Alysia Yeoh juga merupakan sosok penting. Dia menjadi karakter transgender pertama dalam buku komik mainstream dan DC mengukir sejarah dengan menciptakan dan memutuskan untuk merilis karakter ini. Di komik, Alysia Yeoh dikarang oleh Gail Simone dan kartunis Ardian Syaf untuk DC Comics.

Diumumkannya keikutsertaan Ivory Aquino ke proyek Batgirl sebagai Alysia Yeoh dilakukan HBO Max lewat sebuah perilisan eksklusif di Deadline. Ini sekaligus meresmikan hadirkan karakter transgender pertama dalam film live action DC. Hingga saat ini, plot buat film dan detail ceritanya masih belum diumumkan. Kita hanya tahu bahwa Batgirl akan berpusat pada Barbara Gordon, pahlawan malam yang beraksi di Gotham City yang merupakan anak dari polisi Gotham bernama James Gordon.

Karakter komik DC, Alysia Yeoh, dikarang oleh Gail Simone dan kartunis Ardian Syaf untuk DC Comics. Dia adalah karakter transgender pertama dalam sejarah komik mainstream.Karakter komik DC, Alysia Yeoh, dikarang oleh Gail Simone dan kartunis Ardian Syaf untuk DC Comics. Dia adalah karakter transgender pertama dalam sejarah komik mainstream. Foto: dok. DC Comics

Produksi Batgirl sendiri sudah direncanakan oleh WarnerMedia sejak 2017 dan baru bakal bisa dinikmati di HBO Max tahun 2022 ini. Saat ini syuting masih dilakukan sejak dimulai di Glasgow, Skotlandia, pada November 2021.

Selain Ivory Aquino, Batgirl akan dibintangi oleh Leslie Grace sebagai Barbara Gordon/Batgirl, J.K. Simmons sebagai James Gordon, Brendan Fraser sebagai villain dari cerita ini, dan Michael Keaton akan tampil lagi jadi Bruce Wayne/Batman. Deretan pemain lain dengan peran yang dirahasiakan antara lain Rebecca Front, Corey Johnson, Ethan Kai, dan Jacob Scipio.

Batgirl disutradarai oleh Adil El Arbi dan Bilall Fallah. Naskahnya ditulis oleh Christina Hodson dan diproduseri oleh Kristin Burr.

(aay/mau)