Michael Keaton Ungkap Alasan Berhenti Jadi Batman

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 05 Jan 2022 19:44 WIB
Film Batman (1989) yang dibintangi oleh Michael Keaton.
(Foto: Dok. Warner Bros) Michael Keaton memilih untuk tidak melanjutkan perannya sebagai Batman di film Batman Forever (1995). Dia pun mengungkap alasannya.
Jakarta -

Michael Keaton bakal kembali memerankan Batman dalam film The Flash. Sebelumnya dia sudah main di dua film yakni Batman (1989) dan Batman Returns (1992) yang keduanya diarahkan Tim Burton. Sayangnya Tim Burton mundur sebagai sutradara di film ketiga Batman Forever (1995) yang kemudian jejaknya diikuti oleh mundurnya Michael Keaton dari film tersebut.

Kini terungkap alasan kenapa Michael Keaton memilih untuk tidak melanjutkan perannya sebagai superhero kaya raya tersebut. Pergantian sutradara dari Tim Burton ke Joel Schumacher merupakan alasan utamanya. Hal itu diungkap oleh Michael Keaton dalam sebuah wawancara di In the Envelope: The Actor's Podcast baru-baru ini.

"Aku ingat satu hal saat memutuskan untuk meninggalkan proyek itu, aku bilang, 'ya ampun, aku tidak bisa lagi melakukan ini'. Lalu Joel Schumacher bertanya padaku, 'aku tidak mengerti kenapa semuanya harus dibuat begitu gelap dan menyedihkan'. Lalu aku bilang padanya, 'sebentar deh, apa kau tahu kenapa laki-laki ini harus jadi Batman? Apa kau pernah membaca... maksudku, ini hal yang simpel!'," kata Michael Keaton.

Di era Tim Burton, menurut aktor kelahiran 5 September 1951 itu, Batman dikemas menjadi sebuah produksi yang tak hanya gelap tapi juga artistik. Tim Burton punya cara khas yang selalu tampak dalam setiap filmnya dan itu terlihat sekali dalam Batman.

Michael Keaton menilai cara Tim Burton menghadirkan Batman ke layar lebar sangat ikonik. Sehingga ketika WarnerBros. memutuskan buat ganti sutradara, dia pun merasa tidak lagi sejalan dengan visi pengganti Tim Burton.

"Buatku, aku tahu judul film ini Batman, dan ini sangat ikonik, keren, dan karena Tim Burton film ini jadi artistik," lanjutnya.

Michael KeatonMichael Keaton sebagai Batman. Foto: dok. Warner Bros.

Meski Batman adalah sosok yang menjadi wajah dari film superhero ini, tapi buat Michael Keaton sosok Bruce Wayne jauh lebih menarik. Dia menilai ada sisi gelap dari sosok Bruce Wayne di luar perannya sebagai Batman dan itu adalah sisi yang sangat relevan buat diangkat menjadi sebuah cerita.

"Yang menarik buatku selalu Bruce Wayne, tidak pernah Batman. Sejak awal menurutku ini selalu tentang Bruce Wayne. Itulah rahasianya," tutupnya.

(aay/mau)