Obama hingga Oprah Berduka atas Kepergian Legenda Hollywood Sidney Poitier

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 08 Jan 2022 18:03 WIB
384739 02: Sir Sidney Poitier smiles as he is honored January 24, 2001 by The University of the West Indies Gala 2001 at the New York Marriott Marquis in New York City. (Photo by George De Sota/Newsmakers)
Legenda Hollywood Sidney Poitier meninggal dunia. Foto: Getty Images/George De Sota
Jakarta -

Kematian legenda Hollywood Sidney Poitier membawa duka yang mendalam bagi para pencinta film. Kiprahnya di industri hiburan selama lebih dari lima dekade itu masih dikenang.

Mantan Presiden Barack Obama turut berduka akan kematian Sidney Poitier. Dalam unggahan di Instagram, dia menunggah foto kebersamaan saat memberikan penghargaan kepada sang bintang.

Obama mengatakan melalui terobosan dan bakat Sidney Poitier yang luar biasa, namanya melambangkan martabat dan keanggunan. "Kekuatan filmnya membawa kita lebih dekat. Dia juga membuka pintu bagi generasi aktor kulit hitam lainnya," tulis Barack Obama, seperti dilihat detikcom.

Oprah Winfrey juga berbelasungkawa. Dia memposting foto ketika mereka tengah berpelukan dalam suka cita dan menambahkan pesan yang emosional.

"Bagi saya 'Pohon Hebat' terbesar telah tumbang. Kehormatan saya untuk mencintainya sebagai seorang mentor, teman, saudara, orang kepercayaan, dan guru yang bijaksana," tulis Oprah.

"Penghormatan dan pujian tertinggi untuk kehidupannya yang ramah, saya menghargainya. Saya memujanya. Dia memiliki jiwa yang luar biasa akan saya hargai selamanya," tambahnya lagi.

Sutradara Martin Scorsese juga memuji Sidney Poitier sebagai sosok yang berani. Bahkan dia menjulukinya sebagai 'tokoh utama dalam sinema dan budaya kita'.

"Selama bertahun-tahun, sorotan tertuju pada Sidney Poitier," ucapnya.

"Itu hampir selalu karena alasannya dia adalah aktor yang hebat. Dia punya suara yang vokal dan bakat akting memukau. Hal itu tampak seperti supranatural. Film-filmnya yang paling diingat memecahkan hambatan isu rasial di Hollywood, seperti No Way Out, Edge of the City, dan The Bedford Incident," pungkasnya.

Kabar duka kepergian Sidney Poitier diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Bahama yang menjadi kampung halamannya.

"Sidney Poitier meninggal dunia pada Kamis pekan ini di usia 94 tahun," tulis keterangan Kementerian Luar Negeri Bahama, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (8/1/2022).

Lihat juga video 'Aktris 'Snowdrop' Kim Mi Soo Meninggal Dunia di Usia 31 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(tia/wes)