Film Baru Scream Dipersembahkan Buat Sutradara Wes Craven

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 06 Jan 2022 21:04 WIB
Director Wes Craven arrives at the screening of the re-release of the classic thriller The Exorcist Septemeber 21, 2000 in Los Angeles, CA. (Photo by Chris Weeks/Liaison)
(Foto: Getty Images/Chris Weeks) Selain Scream, Wes Craven juga dikenal lewat saga A Nightmare on Elm Street. Dua film horor yang kini sudah jadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer.
Jakarta -

Mustahil rasanya bicara soal kesuksesan waralaba Scream tanpa menyebut Wes Craven, sang sutradara. Sayangnya Wes Craven tak lagi ada untuk mengarahkan atau menyaksikan film kelima Scream yang akan segera tayang. Sutradara kelahiran 2 Agustus 1939 itu meninggal di usia 76 tahun pada 30 Agustus 2015.

Produser Scream Kevin Williamson menjadikan film kelima Scream ini sebuah persembahan khusus buat Wes Craven dengan naskah yang digarap oleh duet James Vanderbilt dan Guy Busick. Karakter baru diciptakan bernama Wes Hicks yang diperankan oleh Dylan Minnette (13 Reasons Why). Wes merupakan anak dari Judy Hicks yang diperkenalkan di Scream 4.

Scream (2022) akan jadi film pertama dari waralaba ini yang tidak disutradarai oleh Wes Craven. Namun namanya tetap dikenang sebagai sosok yang menghidupkan Woodsboro dengan segala kengerian dan teror dari Ghostface.

"Kau akan selalu mengenang dia sebagai Raja Horor. Dia merupakan sutradara luar biasa dan manusia yang luar biasa juga," kata Courteney Cox dalam video wawancara spesial yang dirilis di YouTube Paramount Pictures.

Courteney Cox memerankan Gale Weathers di waralaba Scream dan sudah bekerja sama dengan Wes Craven sejak dia main di Scream (1996) hingga Scream 4 (2011). Bekerja sama dengan Wes Craven sejak era 90-an hingga memasuki milenium baru membuat bintang Friends itu merasa punya kedekatan dengan Wes Craven.

Tidak hanya dia, tentu saja para bintang Scream lainnya juga demikian. David Arquette, pemeran Dewey Riley di Scream, bahkan menyebut dirinya bisa saja menangis kalau membicarakan Wes Craven. Sementara Neve Campbell merasa sosok Wes sudah seperti ayah buat para bintang Scream sejak awal.

Scream 5 akan dirilis 14 Januari 2022. Film ini akan disutradarai oleh Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillet yang sebelumnya menggarap Ready or Not. James Vanderbilt dan Guy Busick menjabat sebagai penulis skenario sementara Kevin Williamson yang sebelumnya menggarap cerita buat film-film Scream menjabat produser.Scream 5 akan dirilis 14 Januari 2022. Film ini akan disutradarai oleh Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillet yang sebelumnya menggarap Ready or Not. James Vanderbilt dan Guy Busick menjabat sebagai penulis skenario sementara Kevin Williamson yang sebelumnya menggarap cerita buat film-film Scream menjabat produser. Foto: dok. Spyglass Media

Bangku sutradara Scream kini berpindah ke Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillet. Duet ini sebelumnya sukses dengan Ready Or Not dan kini diberi kehormatan buat melanjutkan tongkat estafet dari Wes Craven di waralaba Scream.

"Kami adalah penggemar Wes pada level yang sangat sulit buat mengekspresikannya. Dia bikin film horor jadi keren. Semua hal yang kami lakukan di film ini adalah karena Wes Craven," beber dua sutradara tersebut.

Selain Scream, Wes Craven juga dikenal lewat saga A Nightmare on Elm Street. Dua film horor yang kini sudah jadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer.

(aay/mau)