ADVERTISEMENT

Ramai di Medsos, Yuni dan The Medium Gagal Tembus Oscar 2022

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 22 Des 2021 11:55 WIB
Film Yuni
Poster film Yuni. Dok. Instagram
Jakarta -

Riuh di dunia maya ternyata tak memberikan dampak yang cukup signifikan dalam penjurian di Oscar, seperti yang terjadi pada film Yuni yang dijagokan dari Indonesia dan The Medium dari Thailand.

Kedua film tersebut bukan hanya menimbulkan kehebohan di media sosial, beragam review positif hingga penghargaan di festival film Internasional pun diraihnya. Sehingga tak salah jika banyak yang menaruh harapan pada dua film tersebut.

Sayangnya keduanya justru gagal bersaing di dalam kategori International Features Film dan hanya menyisakan 15 film dari negara lainnya.

Hal itu diketahui setelah pihak The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards ke-94 yang baru saja merilis daftar pendek terkait nominasi awal untuk ajang tersebut.

"15 film akan maju ke putaran pemungutan suara berikutnya dalam kategori International Feature Film untuk Academy Awards ke-94. Film dari 92 negara memenuhi syarat dalam kategori tersebut," tulis AMPAS.

Berikut daftar 15 film tersebut:

Austria - Great Freedom
Belgia - Playground
Bhutan - Lunana: A Yak in the Classroom
Denmark - Flee
Finlandia - Compartment No. 6
Islandia - Lamb
Iran - A Hero
Jepang - Drive My Car
Jerman - I'm Your Man
Kosovo - Hive
Meksiko - Prayers for the Stolen
Norwegia - The Worst Person in the World
Panama - Plaza Catedral
Spanyol - The Good Boss

Sebelumnya Yuni diputar perdana dan memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Di ajang Festival Film Indonesia, Yuni juga mendapatkan 14 nominasi.

Sang sutradara Kamila Andini juga dipilih sebagai nominasi sebagai Sutradara Terbaik Asia Pacific Screen Awards 2021 bersanding dengan Asghar Farhadi dari Iran dan Ryusuke Hamaguchi dari Jepang.

Konsep perlawanan perempuan pada budaya patriarki yang dibawa oleh Kamila Andini membuat film itu dapat dengan mudah menembus pasar asing bahkan hingga dibahas secara lengkap di sebuah jurnal perempuan dunia.

Namun perjuangan Kamila Andini tentunya tak akan berhenti hanya di Oscar saja, karena sejatinya itu bukanlah tujuan utamanya sebagai kreator dan sineas.

Meski begitu ini menjadi kegagalan kesekian kalinya bagi Indonesia untuk menyumbangkan filmnya di kancah tertinggi di industri seni peran itu. Tercatat, setidaknya Indonesia telah mengirimkan sekitar 24 kali film perwakilannya ke Academy Awards dan tak satupun tembus jadi nominasi.

Ajang Piala Oscar 2022 atau Academy Awards 94th dijadwalkan berlangsung pada 27 Maret 2022 di Dolby Theatre.



Simak Video "Film 'Yuni' Tak Berhasil Masuk Nominasi Oscar 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT