Penjelasan Sutradara soal Adegan Seks di Film Yuni

ADVERTISEMENT

Penjelasan Sutradara soal Adegan Seks di Film Yuni

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 10 Des 2021 14:37 WIB
Film Yuni
Poster film Yuni. Dok. Instagram
Jakarta -

Film Yuni telah lama menjadi perbincangan banyak orang dan menuai prestasi hingga di kancah internasional. Kini film tersebut sudah bisa disaksikan oleh masyarakat di bioskop-bioskop kesayangan Anda.

Terlepas dari prestasi yang diraihnya, ada sebuah sorotan terkait film tersebut yakni soal adegan seks yang ditampilkan di sana.

Adegan tersebut dilakoni oleh sang protagonis yang dimainkan oleh Arawinda Kirana (Yuni) bersama dengan Kevin Ardilova (Yoga).

Sang sutradara, Kamila Andini, pun membeberkan alasan dan makna dari adegan seks tersebut. Menurutnya hal itu jadi sebuah pembuktian otonomi sang bintang utama atas dirinya sendiri.

"Di saat Yuni merasa hidupnya harus mengikuti perkataan orang lain, 'kamu itu harusnya nikah, kamu itu harusnya begini, ini yang baik buat kamu', rasanya kontrol itu di orang lain," ujar Kamila Andini beberapa waktu lalu.

"Adegan (seks) itu saya merasa bahwa Yuni (akhirnya) memiliki kontrol, dia yang bilang kapan, dia yang bilang bagaimana, dengan siapa, dia yang menentukan," tambahnya.

Sang aktris pun mengatakan jika adegan tersebut memang menjadi salah satu benang merah dari film tersebut dan bukan hanya pemanis belaka.

"Karena itu bukan adegan asal-asalan mesum, enggak, itu adegan yang sangat penting yang merupakan simbol kebebasan Yuni, yang dia ingin membebaskan dirinya dari perjodohan," ujar wanita kelahiran 2001 itu.

Film Yuni diputar perdana dan memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Di ajang Festival Film Indonesia, Yuni juga mendapatkan 14 nominasi. Sutradara Kamila Andini juga dipilih sebagai nominasi sebagai Sutradara Terbaik Asia Pacific Screen Awards 2021 bersanding dengan Asghar Farhadi dari Iran dan Ryusuke Hamaguchi dari Jepang.

Film tersebut juga berhasil menjadi wakil Indonesia untuk bersaing di kancah dunia yakni Oscar 2022 dan bersaing dengan film luar negeri seperti The Medium dari Thailand.



Simak Video "Film 'Yuni' Tak Berhasil Masuk Nominasi Oscar 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT