Yuni Jadi Film Pertama Berbahasa Jaseng yang Dikirim Indonesia ke Oscar 2022

Bahtiar Rivai - detikHot
Selasa, 19 Okt 2021 07:05 WIB
Cilegon -

Film Yuni mendapatkan kesempatan untuk berlaga di ajang Oscar 2022. Film bercerita tentang perjuangan gadis remaja dengan segala masalahnya yang mengambil setting tempat di Serang-Cilegon dan jadi film pertama yang menggunakan bahasa Jawa Serang atau Jaseng.

Usai penayangan terbatas Cilegon XXI Cilegon, sutradara Yuni, Kamila Andini mengatakan film ini memang mengambil setting tempat di Cilegon, Serang. Daerah pemukiman dekat industri dan termasuk ada yang diambil di Pasar Rau.

Bahkan, tim katanya berhubungan langsung dengan talenta-talenta lokal untuk mendukung para pemeran menggunakan bahasa lokal Jaseng. Ini juga jadi film di kancah nasional yang full berbahasa Jaseng.

"Mungkin karena saya juga pengen setting di sini, saya pengen maen sesuai dengan bahasa ibu karakternya. Jadi sebisa mungkin saya ingin dari awal pakai bahasa Jawa Serang penuh," ujar Kamila di Cilegon, Senin (18/10/2021).

Pengalaman pelatih dialek dan talenta lokal juga jadi pengalaman menyenangkan saat pembuatan film Yuni. Ia juga mendukung sineas-sineas dari Serang menyambut film Yuni dan bila perlu menggunakan dan mengenalkan bahasa Jaseng.

Di film Yuni, Kamila mengatakan ingin menyuarakan suara dari remaja Indonesia. Suara itu bukan hanya dari mereka yang datang dari perkotaan tapi juga dari kota seperti Cilegon atau Serang.

"Saya ingin lewat film ini banyak suara terwakilkan karena banyak film indonesia tentang remaja, tapi remaja kota. kita jarang menyentuh daerah yang sama pentingnya tapi jarang diwakilkan. kebanyakan remaja di indonesia justru lebih banyak di kota-kota seperti ini," ujarnya.

Saat ditanya bahwa karya ketiganya ini akan dikirim ke kancah Oscar, Kamila mengatakan bahwa itu adalah harapan panjang untuk sineas Indonesia. Tapi yang jelas katanya, film Indonesia harus bisa berharap unjuk gigi di ajang internasional.

"Kami akan harus melewati beberapa seleksi masuk nominasi. perjalanan panjang untuk indonesia. kalau menang itu sudah terlalu jauh kayaknya. tapi harus mencoba lebih dekat lebih dekat lagi ke oscar doain aja," ujarnya.

Film Yuni akan tayang untuk umum di bioskop tanah air pada 9 Desember 2021 nanti. Yuni diputar perdana dan memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Di ajang Festival Film Indonesia, Yuni juga mendapatkan 14 nominasi. Sutradara Kamila Andini juga dipilih sebagai nominasi sebagai Sutradara Terbaik Asia Pacific Screen Awards 2021 bersanding dengan Asghar Farhadi dari Iran dan Ryusuke Hamaguchi dari Jepang.

(srs/srs)