Adegan Diperkosa Bikin Rita Moreno Raih Oscar Pertama

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 01 Des 2021 16:09 WIB
BANGKOK, THAILAND - FEBRUARY 17:  Actress Rita Moreno attends the opening night of the Bangkok International Film Festival at Siam Paragon Festival Venue on February 17, 2006 in Bangkok.  (Photo by Patrick Riviere/Getty Images)
Rita Moreno kenang penghargaan Oscar perdananya. Getty Images/Patrick Riviere
Jakarta -

Aktris senior Rita Moreno mengisahkan perjalanan karir yang diwarnai dengan trauma serta pengalaman buruk tersebut dalam sebuah video. Salah satu yang diceritakan adalah sebuah adegan ikonik di film West Side Story (1961) di mana ia diperkosa oleh kelompok Jets.

Wanita yang akan berusia 90 tahun pada 11 Desember mendatang itu pun mengaku jika kejadian itu membuat rasa traumanya muncul kembali.

"Ketika kita melakukan adegan pemerkosaan selam latihan, saat mereka menggerayangiku dan semua hal lainnya yang para pria itu lakukan, aku mendorong mereka (setelahnya) dan aku pun menangis. Aku tak bisa berhenti menangis.

"Semua luka yang ku kira sudah sembuh kembali terbuka. Aku seperti hewan yang sedang terluka saat melakukannya lagi. Itu adalah adegan yang ku rasa membuat diriku mendapatkan Oscar," paparnya.

Rita Moreno memang pernah mengisahkan pengalaman buruknya di mana ia diperkosa oleh seorang agen ketika berusia 16 tahun. Tak hanya itu saja, dalam video dokumenter tersebut Rita juga mengaku hampir saja bunuh diri karena hubungannya dengan Marlon Brando.

Ia mengaku sangat tergila-gila dengan bintang Godfather itu. Namun hubungan mereka sangatlah tak sehat di mana Rita mengaku kerap dikasari hingga diselingkuhi oleh sang aktor.

Rita Moreno di film West Side Story (1961).Rita Moreno di film West Side Story (1961). Foto: Dok. Ist

Bahkan Rita juga sempat melakukan aborsi saat menyadari jika dirinya hamil anak Marlon Brando.

"Ia (Marlon) terlihat seperti dewa Yunani, sejujurnya. Ketika aku mencoba melakukannya sendiri, aku benar-benar ingin mencobanya karena aku tak bisa lagu menahan rasa sakit dari hubungan yang ku jalin dengan Marlon Brando.

"Aku benar-benar malu dan aku membiarkan dirinya menginjak-injak ku. Aku sangat benci dengan diriku sendiri dan itu terasa seperti alasan yang sangat aneh. Aku ingin mengakhiri hidupku karena aku merasa tak pantas lagi untuk hidup. Aku pun mengambil pil," kenangnya.

Rita Moreno mengawali karir di industri hiburan sejak era 1950-an. Wanita kelahiran Puerto Rico itu menjajal seni tari lebih dahulu usai tiba di New York, lalu terjun ke dunia seni peran lewat penampilan di Broadway pada usia 13 tahun.

Pada 1962 ia pun mendapatkan Oscar atas kategori Best Supporting Actress untuk film West Side Story. Selain itu ia juga mendapatkan predikat Triple Crown of Acting, di mana ia berhasil memenangkan Oscar, Emmy dan Tony Awards secara bersamaan.



Simak Video "Meski Puncaki Box Office, Pendapatan 'West Side Story' Tak Memuaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)