Eternals Lulus Sensor, Kapan Tayang di Bioskop Indonesia?

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 21:26 WIB
Kumail Nanjiani, Barry Keoghan, Richard Madden, Angelina Jolie, Chloe Zhao, Salma Hayek, Lauren Ridloff, Gemma Chan, Kit Harington dan Victoria Alonso saat menghadiri gala screening Marvel Studios Eternals di BFI IMAX Waterloo on October 27 2021, London, Inggris.
(Foto: Gareth Cattermole/Getty Images f/Gareth Cattermole) Eternals sudah lulus sensor. Terus, kapan tayang di bioskop Indonesia nih?
Jakarta -

Eternals akhirnya sudah lulus sensor dari Lembaga Sensor Film Republik Indonesia. Film ini dipastikan bakal tayang di bioskop Tanah Air. Tapi kapan?

Tidak munculnya Eternals dalam daftar film yang tayang di bioskop membuat fans Marvel di Indonesia sempat khawatir. Penayangan Eternals di beberapa negara memang menjadi masalah, lantaran beberapa adegan dewasa yang ada di dalam film.

Di Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar, film Eternals dilarang tayang diduga lantaran ada konten bermuatan LGBT dalam film. Pihak Disney menegaskan bahwa mereka tidak ingin mengubah adegan dan konten film demi film itu bisa ditayangkan di negara-negara Timur Tengah.

Seperti diketahui bahwa Eternals menampilkan pahlawan super gay pertama di MCU. Dalam sebuah adegan, karakter Phatos dan Ben ditampilkan berciuman. Inilah yang disebut-sebut jadi alasan utama Eternals tidak bisa tayang di negara-negara tersebut.

Di Malaysia, Eternals sudah tayang dan mengalami sensor ketat. Penonton di bioskop Malaysia menuliskan testimoni mereka mengenai sensor Eternals dan mengatakan bahwa adegan-adegan yang dinilai tidak layak tampil di layar lebar setempat dipotong habis-habisan.

Chloe Zhao selaku sutradara sebenarnya sudah memprediksi bahwa Eternals bakal bentrok dengan peraturan sensor di beberapa negara. Selain adegan LGBT, ada adegan seks juga yang ditampilkan di sini. Sementara di Amerika Serikat sendiri, Eternals mendapat rating PG-13 atau bisa disaksikan 13 tahun ke atas karena adegan kekerasan, laga fantasi, kata-kata kasar, dan juga adegan seks yang singkat.

Di Indonesia sendiri penayangan Eternals di bioskop belum dapat jadwal pasti. Pihak Disney Indonesia dan Marvel Studios Indonesia belum memberikan keterangan resmi soal penayangan Eternals di bioskop. Namun, film ini sudah lulus sensor dari Lembaga Sensor Film Republik Indonesia.

Eternals mendapat rating 13 tahun ke atas oleh LSF. Hal ini dijelaskan dalam sebuah unggahan di Instagram resmi LSF RI.

"Kemarin petang (4/11) akhirnya materi sensor film Eternals masuk LSF, dan siang ini (5/11) dinyatakan lulus sensor dengan klasifikasi 13," begitu penjelasan pada akun Instagram @lsf_ri.

Sejauh apa sensor yang dilakukan oleh LSF buat Eternals belum bisa diprediksi sampai filmnya ditayangkan. Tapi berkaca dari film-film sebelumnya, LSF bisa jadi memotong total adegan yang dianggap tidak layak tayang di layar lebar mengingat rating usia yang hanya 13 tahun ke atas tersebut.

[Gambas:Instagram]

(aay/mau)