Di Balik Layar Crouching Tiger: Hidden Dragon soal Chow Yun Fat

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 02 Nov 2021 10:06 WIB
Film Crouching Tiger: Hidden Dragon
Fakta menarik di film Crouching Tiger: Hidden Dragon. Dok. Ist
Jakarta -

Masih ingat dengan film fantasi tentang petualangan seni bela diri silat tahun 2000 berjudul Crouching Tiger: Hidden Dragon? Film yang disutradarai Ang Lee ini menampilkan akting Michelle Yeoh, Zhang Ziyi dan Chow Yun Fat menjadi salah satu film ikonik dari industri film Mandarin di kancah internasional.

Menampilkan adegan aksi dan pertarungan silat yang sangat menarik ternyata para bintang di film tersebut harus berlatih keras. Para bintang ternama Mandarin ini mengaku jika pelatihan koreo yang dilakukan sangatlah ketat.

Salah satunya adalah Chow Yun Fat yang berperan sebagai Master Liu Mu Bai. Ternyata ia tak pernah sama sekali belajar bela diri.

Beda dengan bintang-bintang lainnya, ia harus mati-matian berlatih gerakan tersebut agar tak kaku dan cedera. Hal itu pun membuat Michelle Yeoh merasa kagum, karena aktor berusia 66 tahun itu bisa menampilkan aksi yang memukau saat syuting bersama.

Film Crouching Tiger: Hidden DragonAdegan Chow Yun Fat di film Crouching Tiger: Hidden Dragon Foto: Dok. Ist

"Ia berlatih sangat keras untuk film ini. Ang Lee sangat pintar, karena dia membuatnya terlihat bertarung sedemikian rupa. Ia memang tidak dapat bertarung seperti Jet Li. Karena butuh pelatihan bertahun-tahun untuk bisa menguasainya," ujar Michelle Yeoh.

Banyak adegan bertarung dengan seni bela diri dalam Crouching Tiger: Hidden Dragon seakan-akan melawan gravitasi, seperti di atas pohon dan pengejaran di atap. Yang menariknya lagi, terdapat pertarungan sengit antara dua tokoh protagonis wanita dalam film tersebut.

Gerakan pertarungan itu dikoreografikan oleh Yuen Woo-ping tentu dengan arahan sutradara Ang Lee. Berkat koreo yang diberikan, para aktor dapat berakting dengan baik. Keberhasilan itu diraih tanpa adanya pengalaman bela diri dari Chow Yun Fat dan Zhang Ziyi. Sedangkan Michelle Yeoh, memiliki pengalaman dalam seni bela diri. Ia bahkan pernah terluka saat awal proses syuting.

"Saya meminta para aktor mengeluarkan emosi secara nyata. Hal tersulit bagi mereka tentu bagian berakting seakan-akan melawan gravitasi seperti terbang. Biasanya aktor tidak melakukan banyak aksi dan stuntman tidak melakukan banyak akting. Tetapi, dalam film ini, mereka harus melakukan keduanya," ujar Ang Lee.

"Beberapa hari pertama terasa sangat mengerikan. Aku sangat mual dan ingin menangis. Tapi Chow Yun Fat berkata bahwa ia merasa lebih buruk karena lebih tua dari saya. Setelah itu, saya coba mulai untuk menikmati prosesnya," ungkap Zhang Ziyi yang memerankan karakter Jen Yun.



Simak Video "Sosok Mendiang Idang Rasjidi di Mata Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)