Once Upon a Time In Film, Persembahan Bagi Aktor Veteran China

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 02 Nov 2021 08:26 WIB
Yu Lan, aktris senior China yang berusia 97 tahun di film Once Upon a Time In Film.
Yu Lan, aktris senior China yang berusia 97 tahun kala tampil di Once Upon a Time in Film.Dok. Ist
Jakarta -

Untuk menghargai jasa para aktor senior, sebuah film dokumenter diriis dengan judul Once Upon a Time In Film yang disutradarai oleh Pang Yilin. Film itu pun jadi karya pertama yang dipersembahkan bagi seluruh aktor veteran yang sudah memberikan sumbangsih dan mewarnai industri seni peran di sana selama puluhan tahun.

Film ini menyorot 22 bintang film yang di antaranya ialah Yu Lan, Qin Yi, Tian Hua, Yu Yang, Wang Xiaotang, Jin Di, Xie Fang, dan Zhu Xijuang. Banyak dari mereka memiliki karir yang cukup panjang, mencakup lebih dari setengah abad hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun dari layar lebar dan memberikan kesempatan pada aktor serta aktris muda untuk menggantikan posisi mereka.

Pada film tersebut mereka menampilkan bagaimana kehidupan para bintang setelah rehat dan pensiun dari industri yang membesarkan namanya itu. Selain itu, kita juga dapat menyaksikan karya dan prestasi apa saja yang telah mereka berikan untuk industri hiburan China yang kini telah maju dan dikenal seluruh dunia.

Para aktor dan aktris veteran ini juga diberi kesempatan untuk membagikan perasaan dan pendapat mereka mengenai profesi yang dijalaninya selama ini.

"Butuh waktu selama lima tahun untuk membuat film ini," ujar Pan dikutip dari China.org.cn.

Pan telah mendedikasikan diri untuk menggarap film dokumenter ini sejak tahun 2017 hingga 2021.

Ia bahkan sempat mewawancarai aktris veteran kelahiran 1921 bernama Yu Lan yang saat itu berusia 97 tahun. Dikutip dari China Daily, Pan bertanya kepada Yu mengenai harapannya yang paling kuat saat itu.

Yu menjawab bahwa dia sedang menunggu waktu kematiannya. Sayangnya, ia belum sempat melihat film dokumenter tersebut sebelum dirinya menghembuskan nafas terakhir pada 27 Juni 2020 lalu.

Aktris veteran Xie Fang yang berusia 85 tahun juga menghadiri pemutaran film perdana ini yang diadakan di Beijing pada 18 Oktober lalu. Ia mengatakan jika semua ini dipersembahkan bagi para penonton yang masih menyaksikan karya-karya mereka.

"Tanpa penonton, tidak akan ada aktor," ujarnya dengan tegas diiringi ucapan terima kasih.



Simak Video "Aktor Hong Kong Stephen Chow Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)