Ursula Andress, Bond Girl Pertama yang Bikin Wanita Berani Berbikini di Film

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Kamis, 30 Sep 2021 13:48 WIB
Ursula Andress, Bond Girl pertama
Ursula Andress, Bond Girl pertama. Dok. Columbia Pictures
Jakarta -

Bagi penggemar film James Bond, tentu tidak asing dengan penampilan Ursula Andress dalam Dr.No. Pada film tersebut ia menjadi Bond Girl pertama yang berperan sebagai Honey Ryder.

Seperti yang kita ketahui, dalam Dr. No (1962) Sean Connery membintangi karakter James Bond untuk pertama kalinya. Film ini dibuat berdasarkan cerita dalam novel karya Ian Fleming dengan judul yang sama pada tahun 1958. Cerita dalam novel itu diangkat menjadi salah satu film layar lebar oleh Richard Maibaum, Johanna Harwood, dan Berkely Mather.

Film ini menceritakan kisah karakter James Bond dikirim ke Jamaika untuk menginvestigasi penyebab kematian seorang agen rahasia Inggris. Ia pun menyelidiki kasus tersebut dan menemukan jejak-jejak pembunuhan yang mengarah ke tempat persembunyian Dr. No.

Sementara itu, aktris asal Swiss, Ursula Andress merupakan bond girl pertama yang berperan sebagai Honey Ryder. Bond girl merupakan sebutan bagi tokoh wanita pendukung dalam film James Bond. Tidak jarang, Bond girl berperan sebagai tokoh yang diselamatkan Bond, rekan agen, atau seorang musuh.

Ursula Andress, Bond Girl pertamaUrsula Andress, Bond Girl pertama Foto: Dok. Columbia Pictures

Dalam film tersebut, Honey Ryder dikenal memiliki gaya seksi, sensual, namun sangat tangguh hingga menjadi patokan bagi karakter bond girl pada film-film berikutnya. Salah satu adegan yang paling ikonik dalam film ini ialah aksi Ryder saat muncul dari pinggiran air pantai Karibia dengan menggunakan bikini berwarna putih.

Rupanya adegan tersebut dapat menandai awal pergerakan feminisme di tahun 1960an. Berkat adegan Ryder dalam Dr. No itu juga menjadikan sejumlah aktris berani tampil dengan bikini pada film yang dimainkannya. Karakter Honey Ryder itu bahkan direka ulang oleh aktris Halle Berry dalam film James Bond lainnya yang berjudul Die Another Day.



Simak Video "Dwayne 'The Rock' Johnson Ingin Perankan James Bond di Film 007"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)