Fala Chen: Dari Host, Akting, Niat Pensiun hingga Ditawari Shang-Chi

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 28 Sep 2021 12:45 WIB
Fala Chen
Perjalanan karir Fala Chen hingga jadi bintang Shang-Chi. Dok. Instagram/falachen
Jakarta -

Bagi kalian yang telah menyaksikan film terbaru Marvel yang berjudul Shang Chi and the Legend of the Ten Rings, pasti tidak asing dengan penampilan Fala Chen. Rupanya, ia memulai karirnya tidak langsung memasuki dunia akting melainkan sebagai pembawa acara dalam saluran Mandarin TVB.

Wanita kelahiran 24 Februari 1982 ini besar di Chengdu, Sichuan, China. Setelah usianya menginjak umur 14 tahun, ia berimigrasi ke Atlanta, Georgia, Amerika Serikat bersama kedua orang tuanya. Ia pun dapat menyelesaikan pendidikannya dalam Bisnis Pemasaran dan Internasional di Universitas Emory pada 2005.

Setelah lulus, ia berniat melanjutkan pendidikannya namun tidak memiliki cukup uang. Ia pun memanfaatkan waktunya untuk mengikuti beberapa kontes, salah satunya, Miss Chinese International Pageant 2005 yang diselenggarakan di Hong Kong.

Ia mewakili Kota New York, karena sebelumnya telah memenangkan Miss New York Chinese 2004. Fala Chen berhasil mendapatkan runner up, dan mulai tertarik dengan dunia hiburan.

Chen memulai karirnya dalam dunia hiburan sejak menandatangani kontrak dengan TVB pada tahun 2005. Ia bekerja sebagai pembawa acara di berbagai program saluran Mandarin TVB. Lalu di kesempatan itu, ia juga mendapatkan tawaran untuk debut aktingnya dalam serial Forensic Heroes (2006) sebagai Yung Wai.

Karir Fala Chen pun beranjak naik dan membawanya pada peran-peran penting dalam Heart of Greed, The Family Lin, dan Steps pada 2007 hingga ia mendapatkan penghargaan dalam akting untuk pertama kalinya.

Aksi Fala Chen di Turning Point (2009).Aksi Fala Chen di Turning Point (2009). Foto: Dok. Ist

Ia memenangkan kategori Aktris Pendukung Terbaik melalui film Steps. Sejak saat itu, ia mendapatkan tawaran untuk bermain dalam sejumlah film dan serial televisi.

Tidak hanya itu, ia pun akhirnya dapat melanjutkan pendidikan program Master of Fine Arts in Drama pada tahun 2014 di Juilliard School. Selain menjadi aktris, ia juga menjalani karirnya sebagai penyanyi.

Rupanya kesuksesannya tersebut justu membuat dirinya jenuh dan berencana rehat hingga meninggalkan dunia seni peran.

"Saat aku bekerja begitu lama di Asia, aku merasa butuh rehat sejenak. Aku ingin lebih mengenal diriku dan belajar banyak hal baru," tuturnya dilansir dari SYFY WIRE.

Tony Leung dan Fala Chen di Shang-ChiTony Leung dan Fala Chen di Shang-Chi Foto: Marvel Shang-Chi

Namun siapa sangka di tengah rehatnya tersebut justru ia malah mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam produksi film Marvel Cinematic Universe. Usai mendengar jika Marvel membuka audisi, Fala Chen pun langsung mendaftar hingga akhirnya bertemu dan sang sutradara Daniel Cretton.

Pada kesempatan itu, Fala Chen ditawari peran sebagai Jian Li, ibu sekaligus sang penjaga dalam Shang Chi and the Legend of the Ten Rings.



Simak Video "Debut Superhero Asia-Amerika Pertama Marvel Lewat 'Shang-Chi'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)