Perjalanan Karier Kajol, Lawan Main yang Sempat Bikin Shah Rukh Khan Ngamuk

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Jumat, 24 Sep 2021 14:49 WIB
Indian Bollywood actress Kajol Devgn (L) and Dhanush (R) attend the trailer and music launch of the upcoming film ‘VIP 2 (Lalkar) in Mumbai on June 25, 2017. / AFP PHOTO / -
Perjalanan karier Kajol yang sempat dimarahi Shah Rukh Khan. Dok. AFP
Jakarta -

Bagi para pecinta film dan drama Bollywood pasti tidak asing dengan penampilan Kajol dalam Kuch Kuch Hota Hai. Selain dikenal sebagai aktris Bollywood ternama, rupanya ia juga pernah mendapatkan penghargaan dari pemerintah India.

Wanita dengan nama lengkap Kajol Mukerji ini merupakan aktris asal India yang telah memulai karirnya di dunia akting sejak tahun 1992. Ia merupakan bagian keluarga Mukherjee-Samarth, ayahnya bernama Shomu Mukherjee merupakan seorang pembuat film. Sedangkan ibunya, Tanuja dan adik perempuannya, Tanishaa Mukerji merupakan aktris.

Kajol memulai debutnya dalam film drama Bekhudi yang dinyatakan gagal pada box office tahun 1992. Ia pun memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya dan mendapatkan kesuksesan melalui perannya dalam film dengan genre thriller berjudul Baazigar (1993) sebagai Priya Chopra.

Foto langka selebriti BollywoodPenampilan jadul Kajol Foto: Istimewa

Film yang disutradarai oleh Abbas Mustan itu mempertemukan Kajol dengan Shah Rukh Khan. Pada film tersebut ada cerita unik yang dialami oleh sang aktris.

Siapa sangka jika sebenarnya Kajol sempat bikin kesal Shah Rukh Khan. Bahkan ia disebut bodoh dan tak bisa akting.

Hal itu diceritakan oleh sang aktris dalam wawancaranya bersama Hindustan Times.

"Aku tidak tahu akting sama sekali. Itu kebenarannya. Pada saat Baazigar, Shah Rukh (Khan) berkata kepadaku, 'Kau tahu kau itu bodoh. Kau benar-benar bodoh. Kau tidak tahu apa yang kau lakukan. Kau tidak tahu apa-apa tentang akting'," ungkapnya.

Karena merasa Kajol perlu banyak berlatih, Shah Rukh Khan pun meminta teman wanita itu untuk menonton dahulu agar bisa belajar akting.

Kajol pun sempat tidak terima karena merasa sudah melakukan pekerjaannya dengan baik. Tetapi Shah Rukh Khan tetap memaksanya untuk menonton terlebih dahulu.

"Dia berkata, 'Tidak, kau akan mengerti nanti'. Dia benar sebenarnya. Butuh beberapa waktu, tetapi aku menyadari itu sangat diperlukan sebagai aktor dalam mengembangkan keterampilan," sambung Kajol.

Aksi Kajol dan Shah Rukh Khan di film.Aksi Kajol dan Shah Rukh Khan di film. Foto: Dok. Ist

Sejak itulah, ia pun mendapatkan kesempatan dan tawaran dalam berbagai film bersama artis lainnya yang membuat dirinya semakin bersinar dalam industri Bollywood.

Lalu pada tahun 1995, ia kembali naik daun setelah dua filmnya berjudul Karan Arjun dan Dilwale Dulhania Le Jayenge. Hal ini dikarenakan dua judul tersebut masuk dalam film India terlaris saat itu. Film tersebut memiliki keuntungan yang sangat tinggi.

Dalam film melodrama Karan Arjun, Kajol menggantikan Juhi Chawla untuk peran Sonia Saxena (wanita idaman karakter yang dimainkan Shah Rukh Khan). Penampilannya itu ternyata menimbulkan komentar yang beragam. Meski demikian, tidak sedikit masyarakat memuji chemistry antara Kajol dan Shah Rukh Khan.

Beberapa film populer lainnya yang telah ia mainkan di antaranya ialah, Ishq (1997), Pyaar Kiya To Darna Kya (1998), dan Pyaar To Hana Hi Tha (1998). Ia juga memainkan sejumlah serial drama seperti, Kuch Kuch Hota Hai (1998), Kabhi Kushi Kabhie Gham (2001), Fanaa (2006), My Name is Khan (2015) dan Tanhaji (2020).

Sepanjang karirnya, Kajol juga berhasil memegang rekor sebagai Aktris Terbaik. Bahkan pada 2011, pemerintah India menganugerahinya dengan Padma Shri sebagai penghargaan kehormatan sipil tertinggi keempat di negaranya.



Simak Video "Kuasa Hukum Bantah Anak Shah Rukh Khan Pakai Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)