The Shawshank Redemption dan Kisah 6 Tahanan Israel hingga Indonesia

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 22 Sep 2021 10:45 WIB
The Shawshank Redemption
Film Shawshank Redemption yang ditiru oleh banyak orang. Dok. Ist
Jakarta -

Kiprah The Shawshank Redemption sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa tampaknya bukanlah predikat semata. Film yang kini berulang tahun ke-22 itu terbukti menginspirasi beberapa orang termasuk para tahanan di seluruh belahan dunia.

Belum lama ini kita mendengar berita tentang pelarian enam warga Palestina yang ditahan di Israel. Hampir seluruh media pun menuliskan jika cara yang digunakan para tahanan sama dengan apa yang ada di film The Shawshank Redemption.

Mereka dengan sabar menggali sebuah terowongan di dalam sel hingga menembus ke luar area penjara Gilboa, seperti halnya yang dilakukan oleh Andy Dufresne (Tim Robbins) dalam film garapan Frank Darabont tersebut.

Para enam tahanan itu menggali lantai kamar mandinya dengan menggunakan sebuah sendok berkarat yang disembunyikan di balik poster. Proses penggalian itu pun berlangsung selama hampir satu tahun lamanya.

Dilansir dari Walla News, disebutkan jika enam tahanan tersebut pun berhasil kabur karena sudah ada mobil yang telah menanti mereka di luar penjara.

Kisah serupa juga sempat terjadi di Indonesia pada 2020. Seorang narapidana asal China bernama Cai Changpan berhasil kabur dari Lapas Tangerang dengan cara menggali lubang di selnya.

Polisi Terbitkan DPO atas nama Cai ChangpanPolisi Terbitkan DPO atas nama Cai Changpan Foto: (Dok. Istimewa)

Ia menggali lantai di bawah kasurnya tersebut sejak 8 bulan lalu dengan menggunakan obeng hingga besi yang ada di dalam sel. Pelarian itu tak semulus seperti di film, Cai justru ditemukan meninggal dunia dan disebut bunuh diri di sebuah tempat pembakaran ban di Jasinga, Bogor.

Cai Changpan sendiri adalah narapidana yang divonis hukuman mati karena kasus narkoba dan termasuk dalam sindikat internasional.

Kematiannya pun sempat menjadi polemik dan dianggap paradoks oleh beberapa pakar, termasuk Reza Indragiri Amriel, pakar psikologi forensik.

"Yang bersangkutan melarikan diri dari Lapas. Berarti dia ingin menjauhi eksekusi mati. Tapi mengapa malah kemudian bunuh diri? Paradoks."

"Yang bersangkutan tergantung. Tapi apa penyebabnya tergantung? Apakah memang tergantung itu yang membuat yang bersangkutan tewas? Investigasi penyebab kematian: bunuh diri, dibunuh," kata Reza kepada wartawan pada Senin (19/10/2020).



Simak Video "Film Terbaik Oscar 2021 Jatuh Kepada Nomadland!"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)