Kisah Constance Wu, Ahli Psikolinguistik yang Memilih Jadi Aktris

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 21 Sep 2021 21:03 WIB
TORONTO, ONTARIO - SEPTEMBER 07: Constance Wu attends the Hustlers premiere during the 2019 Toronto International Film Festival at Roy Thomson Hall on September 07, 2019 in Toronto, Canada. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Profil Constance Wu, bintang Crazy Rich Asians. Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta -

Bagi kalian yang telah menonton Crazy Rich Asians tentu tidak asing dengan penampilan Constance Wu. Sosok aktris berdarah Asia itu memiliki kisah hidup yang menarik untuk diceritakan.

Wanita dengan nama lengkap Constance Tianming Wu ini awalnya dikenal sejak berperan dalam serial EastSiders sebagai Kathy. Orang tuanya merupakan imigran dari Taiwan, ayahnya, Fang-Sheng Wu berprofesi sebagai profesor biologi dan genetika pada Virginia Commonwealth University. Sedangkan ibunya, seorang programmer komputer.

Pada dasarnya, Wu berasal dari keluarga asal Taiwan yang kurang berkecukupan. Nenek dan kakeknya hanya bekerja sebagai petani bambu yang kesulitan dalam membiayai sekolah anaknya saat itu.

Namun keluarga mereka sangat mementingkan pendidikan. Sehingga menuntut Wu untuk mengutamakan pendidikan. Wu yang lahir di Richmond, Virginia, Amerika Serikat dan merupakan anak ketiga dari empat saudara. Ia pun memulai kemampuan aktingnya sejak lulus SMA.

Ia mulai menampilkan bakat aktingnya dalam pentas teater lokal Virginia. Lalu, Wu terus mengasah kemampuannya tersebut dengan memilih jurusan Purchase's Conservatory of Theatre Arts di State University of New York.

Ia pun lulus sebagai Bachelor of Arts pada 2015 dan sempat mempelajari psikolinguistik dan lulus di Columbia University sebelum pindah ke Los Angeles untuk mengejar karier di dunia seni peran.

Setelahnya nama Constance Wu pun bersinar pada 2012 karena perannya dalam serial EastSider yang mengantarkan dirinya pada kemenangan Indie Series Awards pada 2014 dan 2016.

Selain itu, ia juga berperan dalam Sundance Screenwriters' Lab sejak 2014, yang digarap dua sutradara ternama, yakni Yung Chang dan Christopher Yogi.

Penampilan Constance Wu di EastsidersPenampilan Constance Wu di Eastsiders Foto: Dok. Ist

Tidak sampai situ, karier Wu melesat cepat sejak membintangi serial Fresh Off the Boat bersama Randall Park. Wu pun dianggap sebagai aktris serial televisi era 2014-2015 yang menjadi salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia menurut Time Magazine.

Hingga akhirnya pada tahun 2018, ia diberi kesempatan untuk menjadi tokoh utama Wanita dalam Crazy Rich Asians. Film itu menceritakan kisah Rachel Chu (Constance Wu) diajak kekasihnya Bernama Nick Young (Henry Golding) ke Singapura untuk mendatangi sebuah undangan pernikahan.

Namun, tanpa sepengetahuan Rachel, kekasihnya ternyata merupakan salah satu orang terkaya se-Asia.

Melalui film tersebut, wanita kelahiran 22 Maret 1982 ini mendapat penganugerahan di beberapa ajang bergengsi seperti, Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Awards, Satellite Award, Critic's Choice Movie Award, dan NAACP Image Awards.

Dirangkum dari berbagai sumber disebutkan jika pada 2020 lalu, Constance Wu memiliki total pendapatan sebesar USD 6 juta atau sebesar Rp 85 miliar yang salah satunya didapat dari Hustlers (2019).



Simak Video "Awkwafina Ingin Ada Tempat Karaoke di Perhelatan Oscar"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)