Angelina Jolie Blak-blakan Tolak Film Ini karena Predator Seks Harvey Weinstein

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 08 Sep 2021 11:27 WIB
Angelina Jolie
(Foto: Instagram Bazaar UK) Angelina Jolie tegas tidak mau terlibat dalam semua proyek yang melibatkan predator seks Harvey Weinstein. Meski proyek tersebut berpotensi meraih Oscar.
Jakarta -

Angelina Jolie adalah salah satu aktris Hollywood yang buka suara saat ramai kasus predator seks Harvey Weinstein. Kini terungkap dia pernah menolak tawaran main di film The Aviator yang disutradarai Martin Scorsese karena keterlibatan Harvey Weinstein.

Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian, Angelina Jolie mengisyaratkan bahwa dirinya menerima tawaran buat main di The Aviator. Film tersebut merupakan salah satu karya Martin Scorsese yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio dan sederet nama besar lainnya seperti Cate Blanchett dan Kate Beckinsale.

Angelina Jolie tidak membeberkan peran yang ditawarkan untuknya. Kemungkinan adalah karakter Katharine Hepburn atau Ava Gardner yang berujung diperankan oleh dua aktris yang sebelumnya disebutkan.

"Aku pernah ditawari main The Aviator tapi aku menolaknya karena dia (Harvey Weinstein) terlibat. Aku tidak pernah mau dikaitkan atau bekerja dengannya lagi," katanya dalam dikutip The Guardian.

Dalam wawancara yang sama, Angelina Jolie juga menyebutkan bahwa dirinya pernah bertengkar dengan Brad Pitt soal proyek film yang melibatkan Harvey Winstead. Pemeran Eternals itu tidak sudi ada orang terdekatnya yang punya kaitan dengan predator seks.

"Sulit bagiku (menerima kenyataan) ketika Brad (Pitt) melakukannya. Kami bertengkar soal itu. Tentu saja itu menyakitkan," lanjut Angelina Jolie.

Seperti diketahui Brad Pitt pernah membintangi film yang melibatkan Harvey Weinstein seperti Inglourious Basterds dan Killing Them Softly. Kala itu Angelina Jolie menolak buat ikut dalam kegiatan promosi dua film tersebut.

Produser Harvey Weinstein dijatuhi hukuman 23 tahun penjara oleh Hakim Mahkamah Agung, James Burke pada 11 Maret 2020. Harvey Weinstein dihukum karena melakukan tindakan seksual kriminal tingkat pertama dan pemerkosaan tingkat ketiga.

"Untuk kasus tindakan seksual kriminal tingkat pertama, pengadilan menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara ditambah lima tahun pembebasan yang diawasi. Atas tuduhan terpidana lainnya, pemerkosaan tingkat tiga, Weinstein dijatuhi hukuman 3 tahun penjara," ujar Hakim Burke, dilansir dari berbagai sumber.

Sejak 2017 bergulir cerita soal pelecehan seksual yang dilakukan oleh Harvey Weinstein. Terlebih setelah aktris Rose McGowan mencuit sebagai salah satu korban. Kelakuan Harvey Weinstein kemudian membuat banyak perempuan bicara soal pelecehan yang dilakukan oleh produser Hollywood tersebut.

Ada lebih dari 80 perempuan yang menyebut dirinya menjadi korban pelecehan si predator seks yang kemudian memunculkan gerakan #MeToo.

Di sisi lain tanpa keterlibatan Angelina Jolie di The Aviator, film ini sukses meraup USD 213 juta di box office dan menang lima piala Oscar dari sebelas nominasi. Angelina Jolie hingga kini masih jadi aktris yang disorot Hollywood.

(aay/wes)