Vacation Friends: Rasanya Punya Teman Baru yang Rusak

Candra Aditya - detikHot
Rabu, 08 Sep 2021 08:25 WIB
Vacation Friends
(Foto: dok. Disney/Hulu) Vacation Friends merupakan sebuah komedi dewasa yang diperankan oleh John Cena yang akhir-akhir ini laris manis.
Jakarta -

Anda pasti pernah ketemu dengan teman baru saat liburan. Mungkin Anda akhirnya bonding karena ketemu di tempat liburan yang sama, mendengarkan lagu yang sama, atau bahkan mungkin disatukan oleh tragedi yang sama (lampu mati, air mampet dan lain sebagainya). Teman baru saat liburan biasanya hanya berakhir saat liburan selesai. Jarang sekali kita follow up dengan teman liburan. Dan inilah yang menjadi premis utama Vacation Friends, sebuah komedi dewasa yang diperankan oleh John Cena yang akhir-akhir ini laris manis.

Marcus (Lil Rel Howery) dan pacarnya Emily (Yvonn Orji, diculik dari serial Insecure) menemukan teman baru ketika bencana menghampiri mereka. Mereka berdua sedang liburan di Meksiko dan siap-siap untuk bersantai dengan enak ketika mereka menemukan kamar hotel yang ditinggali banjir dan hancur karena tamu di atas kamar lupa mematikan air. Harusnya mereka bisa saja kan pindah ke kamar lain? Tentu saja tidak bisa. Karena rupanya semua kamar di kamar hotel tersebut penuh.

Tamu di atas kamar mereka ternyata adalah Ron (John Cena) dan Kyla (Meredith Hagner). Pasangan ini adalah anti-thesis Marcus dan Emily. Kalau Marcus dan Emily adalah pasangan yang baik-baik, sopan dan mengikuti norma, maka Ron dan Kyla adalah sebaliknya. Mereka memiliki moto "terserah" dan mereka gemar bersenang-senang. Tunggu sampai Marcus dan Emily mencicipi margarita buatan Ron dan Kyla. Garam yang ada di pinggirnya diganti kokain.

Walaupun "rusak" dan "berantakan", Ron dan Kyla rupanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi Marcus dan Emily. Mereka tidak pernah seliar ini. Dan kenapa tidak? Ini saatnya untuk bodo amat. Mengingat mereka sedang liburan, jauh dari rumah, jauh dari keluarga. Kenapa tidak memanfaatkan kesempatan yang ada?

Tentu saja karena ini film komedi, pertemanan mereka tidak berakhir saat mereka pamitan di bandara. Ron dan Kyla muncul lagi ketika Marcus berusaha keras mengambil hati calon mertuanya. Bagaimana caranya menunjukkan dia adalah pria yang bertanggung jawab kalau teman barunya kerap mempermalukannya dan mengajaknya melakukan hal-hal gila?

Ada lima penulis skrip film ini (Tom Mullen, Tim Mullen, Jonathan Goldstein, John Francis Daley dan si sutradara Clay Tarver) dan hasilnya adalah sebuah film komedi yang setengah-setengah. Film ini tidak tahu harus menjadi komedi seperti apa. Apakah dia mau mengikuti pesta ria hura-hura ala The Hangover atau komedi awkward ala Meet the Parents. Pembuat filmnya menyatukan kedua hal tersebut dan hasilnya lumayan tawar.

Sejujurnya, Vacation Friends adalah sebuah komedi yang lumayan ketika penonton diajak bersenang-senang di Meksiko. Ketika pembuatnya fokus untuk menunjukkan kontras antara Ron-Kyla dan Marcus-Emily di Meksiko, Vacation Friends terasa sangat seru dan menyenangkan. Jenis film yang pas untuk ditonton bersama teman-teman. 30 menit pertama ini memang bukan sesuatu yang original tapi setidaknya menyaksikan John Cena dan Meredith Hagner melakukan berbagai hal liar yang membuat Lil Rel Howery dan Yvonne Orji mengelus dada ternyata cukup membuat nyengir.

Lalu kemudian Tarver memaksa penonton untuk melihat apa yang terjadi sesudahnya. Energi dan vibe film ini langsung berubah. Komedinya pun langsung berkurang. Situasi awkward yang terjadi antara Marcus dan keluarga Emily memang sebuah potensi yang baik untuk dieksplor tapi hasilnya tidak sebagus ketika Ron mengajak Marcus untuk bersenang-senang.

Yang menyelamatkan Vacation Friends dari reruntuhan mungkin adalah karakterisasinya yang agak fresh. Marcus dan Emily (yang dimainkan oleh aktor Afrika-Amerika kebagian peran sebagai karakter lurus-lurus saja disini. Sebaliknya, Ron dan Kyla (yang dimainkan oleh aktor kaukasian) digambarkan sebagai karakter yang liar. Tapi tidak seperti film sejenis dimana karakter seperti ini digambarkan brutal dan tidak berpendidikan, Ron dan Kyla melakukan semua kegilaan ini karena mereka benar-benar enjoy dengan setiap momen yang ada. Hasilnya menjadi agak sedikit genuine.

Karena karakternya yang memang garing, Lil Rel Howery dan Yvonne Orji memang tidak segemilang yang lain. Dan seperti yang diharapkan, John Cena dan Meredith Hagner menggunakan semua yang mereka punya untuk bersenang-senang setiap detiknya. Cena yang diawal karier aktingnya fokus dengan film-film action, akhirnya menemukan bakat komedinya berkat Trainwreck dan Blockers yang apik. Di sini, meskipun dengan skrip yang medioker, Cena berhasil menyelamatkan filmnya. Siapa yang tidak bisa nyengir melihatnya membantu Lil Rel Howery untuk giting di tengah hutan?

Vacation Friends memang film yang sangat generik. Dalam 10 menit Anda mungkin bisa menebak ending filmnya. Film ini memang punya potensi untuk menjadi komedi yang cukupan. Tapi untuk tontonan iseng, Vacation Friends mungkin lumayan bisa menghibur.

Vacation Friends dapat disaksikan di Disney+ Hotstar.

-

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.

(aay/aay)