Pria Ini Sekarang Jadi Aktor Berprestasi, Padahal Dulu Stuntman Andy Lau

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 30 Agu 2021 19:43 WIB
Du Yiheng, stuntman Andy Lau yang kini jadi aktor top.
Du Yiheng, stuntman Andy Lau yang kini jadi aktor top. Dok. Ist
Jakarta -

Mengawali karier sebagai stuntman, Du Yiheng tak menyangka jika mimpi untuk menjadi seorang aktor bisa diraih dengan perjuangan yang telah dilaluinya.

Pria berusia 42 tahun tersebut telah menjadi body double atau stuntman Andy Lau selama 10 tahun lebih saat perdana menjejakkan kaki di industri film.

Kemiripan wajahnya dengan sang bintang membawa dirinya dilirik hingga mendapatkan tawaran untuk menjadi stuntman usai memenangkan acara Super Star Impersonator pada awal 2000'an.

Tim Andy Lau pun langsung menghubunginya untuk menawarkan pekerjaan tersebut. Tak pikir panjang, Du Yiheng pun menerimanya meskipun ia tahu jika adegan berbahaya tersebut bisa saja membuatnya cedera hingga kehilangan nyawa.

Bahkan pada sebuah adegan berkuda dirinya hampir saja tewas saat tali kekang tersebut terlilit ditubuhnya dan kuda itu mengamuk karena takut dengan sesuatu hingga membuat dirinya terpelanting.

Untungnya ia selamat dan tak menderita cedera serius dari kejadian itu. Meski hampir mati, Yiheng tak kapok. Ia masih tampil menggantikan Andy Lau di beberapa filmnya.

Dilansir dari media lokal Cina disebutkan jika Du Yifeng tampil hampir di setiap film yang diperankan oleh Andy Lau sejak 2000 hingga 2010.

Selama menjadi pengganti Andy Lau ia pun sadar jika menjadi stuntman saja tak cukup baginya. Ia pun kerap berlatin akting dan mengamati penampilan beberapa aktor yang terlibat dalam proyek-proyek bersamanya.

Mengawali karier sebagai aktor di proyek kecil, mengasah kemampuan aktingnya hingga membuat beberapa studio ternama mulai menaruh perhatian. Du Yiheng pun ditawari beberapa peran karena dianggap sebagai versi murah Andy Lau.

Du Yiheng, stuntman Andy Lau yang kini jadi aktor top.Du Yiheng, stuntman Andy Lau yang kini jadi aktor top. Foto: Dok. Ist

Hingga pada 2010 lalu ia mendapatkan tawaran untuk salah satu peran utama di film aksi Lets Bullet Fly garapan Jiang Wen. Penampilan apiknya di film tersebut membuat dirinya banjir tawaran dari rumah produksi besar.

Saat ini Du Yiheng pun telah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu aktor ternama di sana. Apalagi usai penampilannya di Hope You are Well yang mendulang pujian di berbagai kancah lokal hingga internasional.

Ia pun memenangkan penghargaan dalam kategori Outstanding Actor Honorary di Asian Film Awards hingga People Choice Awards di ajang Vancouver Chinese Film Festival.

Du Yiheng, stuntman Andy Lau yang kini jadi aktor top.Du Yiheng saat tampil di film Hope You Are Well. Foto: Dok. Ist

Pada film tersebut ia tampil sebagai orang tua tunggal yang membesarkan putrinya. Kemampuan aktingnya sebagai ayah sangat menyentuh hati para penonton hingga pujian atas dirinya pun meramaikan dunia maya.

Apalagi saat seorang netizen mengunggah postingan lamanya di Weibo.

"Tak ada jalan pintas di dalam hidup. Kau harus fokus dengan waktu dan energi pada hal yang harus kau lakukan. Janganlah mengeluh dan teguhkanlah hatimu. Kau bisa menjadi lebih baik dengan kerja keras," tulisnya.

Sebelum terjun ke dunia akting, Du Yiheng adalah seorang penari latar. Pada era 1990'an ia pun sempat tampil menjadi penari pengganti di konser Jacky Cheung.



Simak Video "Aksi Peran Pengganti Pada Aksi Film Laga Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)