Musuh Spider-Man: No Way Home 'Bangkit dari Kubur' Doctor Octopus-Green Goblin

Asep Syaifullah - detikHot
Selasa, 24 Agu 2021 12:41 WIB
Jakarta -

Setelah penantian panjang akhirnya Sony resmi merilis teaser trailer dari Spider-Man: No Way Home pada Selasa (24/8). Dalam video berdurasi 3 menit lebih itu tampak kemunculan beberapa villain atau musuh lama di film tersebut.

Sosok yang paling mencuri perhatian tentunya adalah Otto Octavius atau yang dikenal sebagai Doctor Octopus (Alfred Molina). Pada cuplikan di trailer Spider-Man: No Way Home ditampilkan sosoknya yang tengah mengajak Spider-Man untuk berduel di sebuah jalan raya.

Sosoknya pertama kali muncul dalam film Spider-Man 2 yang dirilis pada 2004 lalu. Kala itu ia bertarung dengan Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire setelah disewa oleh Harry Osborn (James Franco) untuk membunuh Spider-Man karena dianggap telah membunuh sang ayah, Norman Osborn (Willem Defoe).

Spider-Man: No Way HomeSpider-Man: No Way Home Foto: Dok. Sony Pictures

Doctor Octopus pun menyetujuinya dengan syarat Harry harus membiayai penelitian yang gagal dan telah mengakibatkan kematian sang istri. Pada akhir adegan, Peter Parker sempat membujuk musuh sekaligus mentornya itu untuk merelakan kematian sang istri dan tak melanjutkan rencana yang bisa merenggut banyak nyawa, namun sayangnya tentakel buatannya itu malah berbalik melawan tuannya dan memilih bertarung dengan sang manusia laba-laba.

Selanjutnya ada Max Dillon atau Electro (Jamie Foxx) yang merupakan pegawai di Oscorp dan fans dari Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire di The Amazing Spider-Man 2 pada 2014 lalu.

Spider-Man: No Way HomeSpider-Man: No Way Home Foto: Dok. Sony Pictures

Kecelakaan di lab tempatnya bekerja membuat dirinya memiliki dan mampu memanipulasi kekuatan listrik. Sama seperti Doctor Octopus, ia pun bekerja sama dengan Harry Osborn untuk membunuh Spider-Man yang telah membuatnya sakit hati.

Lalu ada pula sosok Sandman atau Flint Marko (Thomas Haden Church) yang muncul di trailer tersebut. Meski tak menampakan sosoknya, namun ia terlihat membuat kekacauan dengan badai pasir buatannya.

Spider-Man: No Way HomeSpider-Man: No Way Home Foto: Dok. Sony Pictures

Sandman pertama muncul di Spider-Man 3 yang dibintangi Tobey Maguire pada 2007 lalu. Ia digambarkan sebagai seorang perampok yang berniat mencari uang untuk mengobati istri dan anaknya, namun sayangnya ia malah masuk ke sebuah lokasi penelitian dan membuatnya bermutasi menjadi manusia pasir kala dikejar polisi.

Pada film tersebut Sandman tak mendapatkan banyak sorotan karena kemunculan beberapa villain lainnya seperti Venom atau Eddie Brock. Bahkan pada akhir pertarungan Spider-Man memilih memaafkannya usai ia mengaku menyesal karena tak sengaja membunuh pamannya.

Selain itu adapula Lizard yang sempat tampil menjadi musuh dari Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Karakter tersebut sempat diperankan oleh Dylan Baker dan Rhys Ifans dalam beberapa film tersebut.

Spider-Man: No Way HomeSpider-Man: No Way Home Foto: Dok. Sony Pictures

Kemunculan perdananya pada Spider-Man 2 pada 2004 di mana kala itu diperankan oleh Dylan Baker. Karakter Dr Curt Connor tersebut berubah menjadi seorang monster usai menyuntikan dirinya sendiri dengan serum penemuannya yang ditujukkan demi kebutuhan medis di masa depan.

Namun sayangnya serum itu tak hanya membuat tangannya tumbuh melainkan seluruh tubuhnya berubah menjadi kadal raksasa dan memiliki alter ego yang membuatnya bisa menjadi sangat jahat.

Dan salah satu musuh terbesar yang muncul di Spider-Man: No Way Home adalah Green Goblin. Kemunculannya ditandai dengan bom bulat berwarna hijau yang dimunculkan dalam cuplikan adegan tersebut namun belum jelas siapakah yang akan dilawan sang manusia laba-laba itu.

Spider-Man: No Way HomeSpider-Man: No Way Home Foto: Dok. Sony Pictures

Apalagi ada dua villain yang memakai bom tersebut yakni Harry Osborn dan Norman Osborn yang tampil dalam beberapa film Spider-Man yang diperankan oleh Tobey Maguire atau pun Andrew Garfield. Kedua-duanya pun menjadi sosok yang selalu berusaha mengungkap identitas dan membunuh manusia laba-laba tersebut.

Untuk karakter Norman Osborn ada Willem Defoe pada kisah Spider-Man Tobey Maguire, sementara Chris Cooper pada semesta Andrew Garfield. Keduanya pun digambarkan mati di film dan mewarisi kekuatannya pada sang putra.

Sementara sosok Harry Osborn sempat diperankan oleh James Franco pada seri yang dibintangi Tobey Maguire. Untuk seri Andrew Garfield, peran itu diisi oleh Dean DeHaan.

Karakter tersebut juga mati di film Spider-Man 3, namun pada The Amazing Spider-Man 2 Harry Osborn hanya digambarkan menghilang dan membentuk sebuah aliansi kejahatan untuk melawan sang manusia laba-laba.

(ass/nu2)