Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Juara di Locarno Film Festival 2021

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 15 Agu 2021 17:03 WIB
Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas
(Foto: dok. Palari Films) Film ini membawa pulang Golden Leopard, hadiah utama dalam festival film tersebut di sesi kompetisi internasional (Concorso Internazionale).
Jakarta -

Edwin sukses menjadi pemenang penghargaan tertinggi di Locarno Film Festival lewat film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Ini merupakan penghargaan pertama buat sutradara Indonesia di festival film tersebut.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas tayang di Locarno Film Festival dengan judul internasional Vengeance Is Mine, All Others Pay Cash. Film ini membawa pulang Golden Leopard, hadiah utama dalam festival film tersebut di sesi kompetisi internasional (Concorso Internazionale).

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas unggul di antara film lain yang bersaing di sesi yang sama. Salah satunya adalah film Ethan Hawke yang berjudul Zero and Ones.

Edwin menorehkan sejarah buat sutradara Indonesia di ajang ini. Dia menjadi orang Indonesia pertama yang memenangkan Golden Leopard dalam Locarno Film Festival. Penghargaan bergengsi yang sebelumnya pernah dimenangkan oleh sutradara seperti Stanley Kubrick, Mike Leigh, Jafar Panahi, dan Jim Jarmusch.

Ini merupakan momentum juga buat film Indonesia di Locarno Film Festival 2021. Dalam lima tahun terakhir, baru kali ini film panjang dari Indonesia memenangkan hadiah utama di festival film bergengsi Eropa tersebut.

"Penghargaan ini semacam vaksin, booster, atau vitamin yang diharapkan mampu menguatkan kembali film Indonesia dan segenap jiwa raga pecinta film Indonesia di manapun berada," kata Edwin dalam rilis resmi yang diterima detikcom.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas disambut meriah juga oleh penonton dan kritikus internasional. Variety menulis, "Sebuah penghormatan untuk film laga Asia Tenggara tahun 1980-an yang dirancang sebagai kritik terhadap toxic masculinity," buat film ini.

Sosok Iteung juga disoroti oleh Cineuropa karena tampil sebagai perempuan petarung. Dalam Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas ini Iteung diperankan oleh Ladya Cheryl.

Setelah Locarno Film Festival 2021, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas juga akan tayang di TIFF 2021. Film itu juga akan masuk ke dalam sesi Contemporary World Cinema di TIFF 2021. Tahun ini, Toronto International Film Festival 2021 akan digelar pada 9 hingga 18 September 2021.

(aay/mau)