Film Deep, Ketika Insomnia Menghasilkan Uang

Anarani Kifaya - detikHot
Kamis, 22 Jul 2021 07:32 WIB
Film fiksi ilmiah Thailand, Deep.
(Foto: dok. Netflix Thailand) Salah satu penulis skenario Deep, Kittitat Nokngam, mengungkapkan munculnya ide pembuatan film ini adalah dari fenomena di sekitarnya.
Jakarta -

Terkenal dengan film komedi romantisnya yang menyentuh, pasar film di Thailand kini mencoba genre fiksi ilmiah di Deep. Deep digarap oleh sekumpulan sutradara dan penulis skenario pendatang baru dibantu dengan sutradara senior Adirek Wattaleela serta Wisit Sasanatieng. Gangguan tidur atau yang akrab dikenal dengan istilah insomnia menjadi benang merah film berdurasi 98 menit ini.

Cerita dimulai dari Jane (Care-Panisara Rikulsurakan) dan empat mahasiswa kedokteran lainnya yakni Win (Kay Lertsittichai), Cin (Fern-Supanaree Sutavijitvong), serta Peach (Kit-Krit Jeerapattananuwong) merupakan orang-orang yang mengidap insomnia. Latar belakang mereka memiliki gangguan tidur pun berbeda.

Film fiksi ilmiah Thailand, Deep.Film fiksi ilmiah Thailand, Deep. Foto: dok. Netflix Thailand

Jane si ambisius yang begadang untuk belajar, Win penyuka pesta yang menyimpan trauma di masa lalu, Cin sang influencer yang dipaksa oleh orang tuanya menjadi mahasiswa kedokteran, lalu ada Peach yang menggilai game.

Alih-alih mengalami insomnia, mereka berempat ditawari oleh profesor di kampus yaitu Profesor Nichcha (Dujdao Vadhanapakorn) untuk mengikuti sebuah eksperimen ilmu saraf bernama Deep. Sebagai timbal balik, mereka akan diberi sejumlah uang apabila setuju menjadi partisipan di eksperimen tersebut.

Mengetahui jumlah uang yang ternyata fantastis, mereka pun setuju mengikuti eksperimen Deep. Tahap eksperimen ini adalah dengan memasukkan chip ke tubuh peserta dan selama chip bercokol di dalam tubuh, mereka tidak boleh tidur sama sekali. Jika tertidur, maka bahaya akan mengancam.

Awalnya hal ini terlihat mudah karena mereka terbiasa tidak tidur. Namun dibalik semuanya, ada risiko tinggi yang mereka pertaruhkan.

Film fiksi ilmiah Thailand, Deep.Film fiksi ilmiah Thailand, Deep. Foto: dok. Netflix Thailand

Salah satu penulis skenario Deep, Kittitat Nokngam, mengungkapkan munculnya ide pembuatan film ini adalah dari fenomena di sekitarnya. Ia mengatakan bahwa dalam sehari-hari manusia membutuhkan uang dan banyak yang mengalami insomnia terutama para remaja. Dari situlah tercetus pemikiran seandainya hasil dari kekurangan tidur sepadan dengan uang yang dikantongi.

Sesungguhnya film atau serial yang mengangkat tema insomnia bukanlah hal baru di industri peran internasional. Meskipun begitu, dengan sederet pemain wajah segar di dunia akting Thailand, Deep bisa dipilih kalau ingin menyaksikan film fiksi ilmiah dengan alur yang tidak rumit.

(aay/aay)