Titane, Peraih Palme d'Or Cannes 2021 Siap Tayang di Indonesia

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 20 Jul 2021 16:02 WIB
Film Palme d’Or Dapatkan Penghargaan Tertinggi di Festival Film Cannes
Titane, Peraih Palme d'Or Cannes 2021 Siap Tayang di Indonesia (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Film peraih Palme d'Or di Festival Film Cannes 2021, Titane, siap tayang di Indonesia. Titane akan tayang bersama deretan film sebelumnya ditayangkan juga di Cannes.

Titane digarap oleh Julia Ducournau. Bercerita tentang seorang perempuan bernama Alexia yang berhubungan seks dengan sebuah mobil lalu hamil. Alexia dikisahkan memiliki perasaan pada mobil setelah masa kecilnya ia berhasil selamat dari sebuah kecelakaan dan bersahabat dengan mobil hingga remaja.

Alexia diperankan oleh Agathe Rousselle, seorang aktris pendatang baru. Begini sinopsis film Titane pemenang Palme d'Or di Cannes 2021:

Alexia, yang mengalami kecelakaan mobil sejak kecil, akibat kecerobohan ayahnya. Akibat kecelakaan tersebut, kepala Alexia harus ditanam pelat titanium. Alexia bekerja sebagai penari. Disini ia mendapat pelecehan dan membuatnya membalas dengan kejam. Akibat kejadian ini Alexia melarikan diri. Ia melakukan berbagai cara ekstrem untuk mengubah jati dirinya agar bisa seperti anak lelaki.

Kemenangan Julia Ducournau lewat Titane menjadikannya sutradara perempuan kedua yang memenangkan penghargaan tertinggi di Cannes. Tentu saja penghargaan ini menjadi spesial buatnya terlebih Titane menuai respons positif dari kritikus film dunia.

Titane direncanakan bakal tayang secara streaming di Indonesia lewat KlikFilm. Hal ini disampaikan oleh direktur KlikFilm, Frederica, dalam sebuah rilis resmi yang diterima detikcom.

"Puji Tuhan, KlikFilm bisa menghadirkan film-film berkualitas. Saat ini kami sedang menunggu jadwal tayang internasional dari Titane, Nitram, A Hero termasuk film yang masuk nominasi Cannes 2021 yang akan tayang di KlikFilm," katanya.

Selain Titane, Nitram dan A Hero juga akan ditayangkan streaming di KlikFilm.

5 Film Nominasi Festival Film Cannes 2021 Siap Tayang di IndonesiaA Hero Foto: dok. imdb

A Hero ditulis dan disutradarai oleh pembuat film Iran, Asghar Farhadi. Film yang dibintangi oleh Amir Jadidi dan Mohsen Tanabandeh ini menjadi salah satu pesaing Titane memperebutkan Palme d'Ordi Festival Film Cannes 2021.

Nitram di sisi lain ditulis oleh Shaun Grant yang terinspirasi dari Pembantaian Port Arthur tahun 1996 di Tazmania. Dalam insiden mematikan itu, 35 orang tewas dan 23 lainnya luka-luka. Sutradara Justin Kurzel menghadirkan cerita tersebut dengan menghindari penggambaran pembunuhan secara langsung. Judul film Nitram diambil dari kata Martin yang dieja terbalik. Martin Bryant adalah nama pelaku pembantaian Port Arthur.

Meski kejadian ini masih meninggalkan luka di hati masyarakat Australia, kehadiran Nitram di Festival Film Cannes 2021 dirayakan oleh mereka. Mengingat ini adalah film Australia pertama yang berkompetisi di Cannes setelah absen selama enam tahun.

(sro/dar)