7 Fakta di Balik Film Fast & Furious

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 16 Jun 2021 14:38 WIB
Fast & Furious 9
Fast & Furious 9 tayang di bioskop dibintangi Vin Diesel / Foto: (dok. Universal Pictures)
Jakarta -

Fast & Furious menjadi salah satu waralaba terpopuler hingga saat ini. Film pertamanya dirilis pada tahun 2001.

Cerita Fast & Furious pertama berfokus pada balap jalanan ilegal, dan memuncak dalam film The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006). Serial ini beralih ke perampokan dan mata-mata dengan Fast & Furious (2009), dan diikuti oleh empat sekuel.

Serinya yang ke sembilan dalam Fast 9 dirilis hari ini. Ada deretan fakta menarik di balik franchise film ini. Berikut di antaranya:

1. Kisah Fast & Furious berdasar dari artikel di majalah

Sebuah artikel bernama Racer X pernah muncul menjabarkan dengan rinci tentang aksi para pebalap jalanan di Los Angeles. Judul artikel itu sempat diadaptasi ke film ini dalam sebuah adegan kompetisi berjudul Race Wars.

Sejak itu, Fast & Furious dikenal sebagai salah satu film yang kisahnya realistis karena kisahnya didasarkan pada peristiwa nyata.

2. Bukan Vin Diesel sebagai Dominic Toretto

Sulit membayangkan karakter Dominic Toretto bukanlah Vin Diesel. Namun tokoh itu awalnya diberikan pada aktor Timothy Olyphant. Ia dikenal sebagai pemeran Catch and Release (2006), Hitman (2007), A Perfect Getaway (2009), The Crazies (2010, Live Free or Die Hard (2007) dan Damages (2009).

Namun tawaran untuk peran Dominic Toretto dikabarkan ditolak oleh Timothy Olyphant.

Fast and FuriousFast and Furious Foto: dok IMDB

3. Judul awal yang diganti

Fast & Furious menjadi franchise film yang terkenal. Namun siapa sangka judul itu tak ditetapkan sejak awal.

Fast & Furious awalnya diberi judul Redline.

4. Michelle Rodriguez tak punya izin mengemudi

Meski memerankan peran pendukung, namun Michelle Rodriguez sang pemeran Letty diberi kesempatan untuk melakukan adegan mengemudi lebih banyak.

Meski begitu, di film-film Fast & Furious pertama, Letty tak memiliki izin mengemudi resmi. Dalam film, Rodriguez memerankan salah satu perempuan pebalap jalanan. Seiring film ini semakin bertambah serinya, karakternya mengalami transformasi bahkan diberi ruang lebih besar di seri yang kesembilan kali ini.

5. Vin Diesel sempat tolak peran Fast & Furious

Vin Diesel harus diyakinkan untuk menerima peran sebagai Dominic Toretto. Sang produser membujuknya untuk mengambil peran sekaligus mengingat bagaimana Diesel memiliki begitu banyak masukan dalam seri secara keseluruhan.

Dulu Vin Diesel menyampaikan penolakannya karena dirinya tak menyukai naskah film tersebut.

6. Seribu lebih mobil yang hancur

Secara total, ada 1.487 mobil yang telah dihancurkan dalam film Fast & Furious. Itu pun belum termasuk film Fate Of The Furious atau Hobbs & Shaw. Untungnya, tidak ada mobil langka atau mobil koleksi yang dihancurkan dalam pembuatan film Fast & Furious.

Pada Fast & Furious 9 yang akan hadir tak lama lagi juga ada adegan menghancurkan mobil. Sutradara Justin Lin mengungkapkan fakta unik, untuk menayangkan adegan durasi empat detik, persiapannya dilakukan hingga delapan bulan dan menghancurkan tiga mobil.

"Satu shoot empat detik di #F9. 8 bulan persiapan. 4 hari produksi. 3 mobil hancur. Pekerjaan dari lebih dari seratus kru paling berdedikasi dan berbakat. Pekerjaan terbaik di dunia!," cuit Justin Lin sambil mengunggah video di balik layar F9.

Fast and Furious 8Fast and Furious 8 Foto: IMDB

7. Hampir dibintangi Eminem

Ada banyak aktor yang mencalonkan diri untuk agen FBI Brian O'Conner, termasuk Mark Wahlberg dan Christian Bale, tetapi yang paling mengejutkan dari mereka semua adalah Eminem sendiri, Marshall Mathers.

Brian O'Conner adalah mantan petugas di Departemen Kepolisian Los Angeles dan mantan agen di Biro Investigasi Federal. Seorang petugas bersumpah untuk menegakkan hukum, dia membuat transisi penuh ke kehidupan kriminal ketika dia meninggalkan FBI untuk membantu Dominic Toretto. Karakter Brian O'Conner diperankan oleh mendiang Paul Walker.



Simak Video "Sutradara 'Fast & Furious 9' Jawab Rumor Balapan di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)