Karakter Superhero Baru Marvel Dikritik Netizen Filipina

Asep Syaifullah - detikHot
Minggu, 06 Jun 2021 16:10 WIB
Arie Agbayani atau Arielle Agbayani, karakter superhero perempuan Marvel yang berdarah Filipina-Amerika Serikat
Ini superhero Marvel yang dikritik netizen Filipina, Ari Agbayani atau Arielle Agbayani Foto: dok. Twitter
Jakarta -

Belum lama ini Marvel menampilkan karakter superhero wanita baru yang digambarkan berdarah Filipina-Amerika Serikat. Baru saja diumumkan di Twitter, superhero tersebut sudah ramai mendulang kritikan.

Para netizen Filipina mengkritisi nama yang digunakan oleh sang komikus, yakni Ari Agbayani yang jika diartikan dalam bahasa Tagalog berartikan alat kelamin wanita.

"Tolong, teman Filipina ku mengatakan jika namanya berartikan alat kelamin dalam bahasa Tagalog," tulis salah seorang netizen sambil menautkan cuitan tentang superhero Marvel yang bernama Ari Agbayani.

Hal ini pun menjadi ramai hingga akhirnya pihak komikus Marvel yakni Alyssa Wong buka suara dengan pemilihan nama superhero tersebut. Menurutnya Ari hanyalah nama panggilannya saja, sedangkan nama lengkapnya adalah Arielle.

"Selamat pagi! Aku bangun karena respons hebat dari superhero Filipina-Amerika baru ini, dan aku ingin berterimakasih atas pendapat kalian. Aku juga ingin menjelaskan jika nama lengkapnya adalah Arielle Agbayani. Namanya diambil dari diskusi ku dengan beberapa teman dan keluarga Filipina-Amerika ku," tulisnya.

Meski begitu ada juga beberapa netizen yang menjelaskan jika makna Ari dalam bahasa Tagalog bisa juga berartikan kepemilikan. Sehingga ia berpendapat mungkin saja maksud pihak Marvel menamakannya Ari Agbayani adalah kita adalah pahlawan.

Selain itu ada juga hal lain yang menjadi sorotan oleh para netizen, yakni penampilan fisik karakter baru tersebut. Ia dianggap terlalu putih dan juga mengenakan atribut yang mirip dengan Captain Amerika.

Beberapa pun menyinggung sejarah kelam yang terjadi antara Filipina dan Amerika Serikat.

"Apakah ini cara untuk membuat propaganda baru terlepas dari sejarah kelam kami dengan Amerika? Bagaimana bisa superhero Filipina membawa tameng dengan bendera Amerika?" tulis salah seorang netizen.

Ari Agbayani atau Arielle Agbayani merupakan superhero remaja keturunan Filipina-Amerika Serikat yang dijadwalkan muncul pada komik The United States of Captain Amerika #4.

Pada komik tersebut diceritakan jika Steve Roger, Sam Wilson, Bucky Barnes dan John Walker menyeberang ke negara lain untuk mencari tamengnya yang dicuri. Dalam perjalanan tersebut mereka menemui beberapa superhero baru yang mewakili komunitas atau negara tertentu.



Simak Video "Park Seo Joon Resmi Bergabung di 'Captain Marvel 2'"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)