5 Tahun Captain America: Civil War, Film Terbaik Marvel Cinematic Universe

Devy Octafiani - detikHot
Jumat, 07 Mei 2021 18:02 WIB
Cuplikan film Captain Amerika: Civil War
Adegan dalam Captain America Civil War / Foto: Dok. Marvel Studio
Jakarta -

Captain America: Civil War genap 5 tahun setelah filmnya dirilis di 2016. Film tersebut hadir pertama kali tepatnya pada 6 Mei 2016.

Hingga kini sudah ada 23 film Marvel Cinematic Universe. Namun seri Civil War memegang peran penting bagi kelangsungan semesta itu ke masa depan. Kok bisa?

Inti dari Marvel Cinematic Universe adalah koneksi. Potongan demi potingan dari semua film disatukan untuk membuat kelanjutan kisah baru.

Ambil salah satu contohnya bagaimana sedikit dari Ant-Man and The Wasp dan Thor: The Dark World dibumbui Captain Marvel dan Avengers: Endgame membawa kita pada kisah WandaVision.

Captain America: Civil War memiliki dua poin penting yang memperluas jangkauan Marvel. Film tersebut menjadi pembuka bagi hadirnya Black Panther juga Spider-Man.

Cuplikan film 'Captain Amerika: Civil War'Cuplikan film 'Captain Amerika: Civil War' Foto: Dok. Marvel Studio

Dua karakter tersebut menjadi terobosan yang disuguhkan jelang fase tiga. Memang ada Doctor Strange, Ant-Man juga Captain Marvel, namun sambutan yang paling meriah diterima oleh Black Panther dan Spider-Man.

Black Panther sukses secara komersil dan menorehkan sejarah baru di antaranya, film paling laris yang pernah disutradarai sutradara kulit hitam hingga bagaimana film ini memberi ruang masif pada tokoh kulit berwarna di depan dan di balik layar. Film itu juga menjadi satu-satunya film Marvel pemenang Oscar hingga saat ini.

5 tahun berlalu, namun Captain America: Civil War masih menyimpan korelasi yang kuat hingga di masa kini. Film itu membentuk hubungan pada Wanda dan Vision yang puncaknya ada di WandaVision hingga di cerita The Falcon and The Winter Soldier bagaimana Sam Wilson dan Bucky Barnes pertama kali berkenalan di konflik yang terjadi di Civil War.

Civil War juga memperkenalkan Baron Zemo yang diperankan Daniel Bruhl, dan dia muncul kembali di Falcon dan Winter Soldier.

Penggemar kini mendalami lebih banyak tentang kesedihan Wanda, sisi humanis Vision juga trauma yang dialami Bucky dan mengenal Sam Wilson lebih jauh. Dari seri Civil War, sejumlah karakter mengalami pertumbuhan dan kedewasaan, tak ada salahnya menonton kembali film tersebut di perayaannya yang kelima!



Simak Video "Wyatt Russell Jadi Captain America 'The Falcon and the Winter Soldier'"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/mau)