Mank Raih Oscar Buat Desain Produksi dan Sinematografi

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 26 Apr 2021 11:27 WIB
s
Foto: Mank Films
Jakarta -

Mank adalah salah satu film yang mendapatkan banyak nominasi di Oscar 2021. Film karya sutradara David Fincher itu berhasil membawa pulang dua piala untuk Best Production Design & Set Decoration dan Best Cinematography.

Penghargaan ini dibacakan nominasi dan pemenangnya oleh Halle Berry yang malam ini anggun mengenakan busana ungu.

Jan Pascale, Set Decorator buat film Mank mewakili Donald Graham Burt dalam memberikan pidato kemenangan buat Mank. Dalam pidatonya, Jan Pascale mengucapkan terima kasih kepada sederet kru dan yang istimewa adalah buat sang istri yang ikut hadir di gelaran Oscar di Dolby Theater, Los Angeles, Senin (26/4/2021).

"Terima kasih David Fincher, sudah mempercayaiku untuk proyek ini. Terhormat rasanya bekerja dengan orang-orang luar biasa. Terima kasih para kru juga. Saat aku muda, aku tidak tahu ini adalah karier dan kemungkinan ini ada. Terima kasih buat orang yang menunjukkan arah dan istriku Louise yang menginspirasiku setiap hari. Terima kasih," ujar perempuan yang sudah bekerja sejak 1982 itu.

Halle Berry lanjut mengumumkan pemenang buat kategori Best Cinematography. Lagi-lagi, Mank keluar sebagai juara. Kali ini sinematografer Erik Messerschmidt naik ke atas panggung buat menerima piala.

Merasa bangga, Erik tak menyangka bisa menang. Dia pun mendedikasikan pidatonya buat para nominator dalam kategori yang sama dan juga para aktor/aktris yang bermain di Mank.

"Aku harap aku bisa memotong piala ini jadi lima bagian. Sangat terhormat bisa dinominasikan bersama kalian. Terima kasih David Fincher, sudah menciptakan lingkungan untuk kita bisa bekerja dengan baik. Terima kasih buat semua pemain yang sudah membaca tanda-tanda buat kalian karena itu penting!" katanya.

Di kategori Production Design, Mank unggul dari The Father, Ma Rainey's Black Bottom, News of the World, dan Tenet. Sementara di kategori Cinematography, Mank juara dari Juas and The Black Messiah, News of The World, Nomadland, dan The Trial of The Chicago 7.

(aay/srs)