Pixar dan Netflix Berbagi Piala untuk Kategori Film Animasi di Oscar 2021

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 26 Apr 2021 09:37 WIB
US film producer Dana Leigh Murray (L) and Chief creative officer of Pixar Pete Docter arrive at the Oscars on April 25, 2021, at Union Station in Los Angeles. (Photo by Chris Pizzello / POOL / AFP)
Foto: AFP/CHRIS PIZZELLO
Jakarta -

Pixar dan Netflix masing-masing dapat piala buat kategori film animasi terbaik di Oscar 2021 ini. Pixar diwakilkan oleh film Soul sementara Netflix diwakilkan oleh film pendek If Anything Happens I Love You.

Di pengumuman pemenang piala Oscar 2021 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Reese Witherspoon membacakan nominasi dan pemenang buat kategori Best Animated Short Film dan Best Animated Feature Film. Dimulai dengan menceritakan latar belakang dan motivasi para kreator dalam berkarya.

Will McCormack dan Michael Govier yang menyutradarai film pendek If Anything Happens I Love You naik panggung buat menerima piala Oscar pertama mereka. Di momen penting ini, keduanya tidak ingin ada yang terlewat untuk diucapkan terima kasih, jadi daftar panjang ucapan terima kasih mereka tertulis dalam kertas yang dibaca.

"Aku nggak nyangka akan bisa mengatakan ini: terima kasih The Academy. Terima kasih untuk semua orang yang membuka hati dan menonton film kamu, itu bermakna sekali buat kami," kata Will McCormack.

Filmmaker Michael Govier, nominated for Short Film (Animated) for Filmmaker Michael Govier, nominated for Short Film (Animated) for "If Anything Happens I Love You", arrives at the Oscars on April 25, 2021, at Union Station in Los Angeles. (Photo by Chris Pizzello / POOL / AFP) Foto: AFP/CHRIS PIZZELLO

Sementara Michael Govier mendedikasikan momen kemenangan film If Anything Happens I Love You untuk masyarakat yang merasakan kehilangan dalam ketidakadilan.

"Kami mendedikasikan film ini untuk semua orang yang meninggal karena kekerasan senjata," kata Michael Govier.

If Anything Happens I Love You berhasil unggul dari Burrow, Genius Loci, Opera, dan Yes People.

Dua sutradara film Soul produksi Pixar dan Disney, Pete Docter dan Dana Murray, naik panggung buat mewakili para tim produksi. Keduanya menyoroti kehidupan dan kemampuan menakjubkan musisi jazz dalam pidatonya, seperti sang jagoan utama dalam film.

"Film ini adalah surat cinta buat jazz, tapi kita nggak tahu bahwa ternyata jazz mengajarkan kita tentang hidup. Kita nggak bisa kontrol apa yang terjadi, tapi kita seperti musisi jazz mengubah apapun jadi sesuatu yang indah," kata Pete Docter.

Dana Murray lalu melanjutkan ucapan terima kasih buat tim produksi yang harus merasakan ribetnya bekerja dari rumah di masa pandemi.

"Kami berterima kasih kepada kru yang menyelesaikan ini dari rumah di sisa tujuh minggu masa produksi," lanjut Dana Murray.

"Aku berharap kita bisa mencontoh musisi jazz, di mana pun kita, apapun yang kita miliki, kita mengubahnya jadi sesuatu yang indah," tutup Pete Docter.

Soul berhasil unggul dari sederet film, yakni Onward, Over The Moon, A Shaun The Sheep Movie: Farmageddon, dan Wolfwalkers.

(aay/srs)