Tebak-tebak Buah Manggis, Siapa yang Menang Oscar Besok?

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 25 Apr 2021 14:07 WIB
Piala Oscar
Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Perhelatan Academy Awards atau piala Oscar menjadi ajang penghargaan bergengsi bagi para insan film dunia setiap tahunnya. Nama-nama pemenang dari acara yang memberikan apresiasi bagi film, aktor, aktris dan sineas yang dianggap paling apik itu selalu dinanti.

Tahun ini, meski berlangsung di tengah suasana pandemi, Oscar tetap meriah. Banyak pula yang sudah tak sabar menunggu siapa pemenang pada ajang tahun ini.

Buat kamu yang penasaran, detikcom mencoba memprediksi siapa saja pemenang Oscar di tahun ini dalam beberapa kategori utama. Dari masing-masing kategori, detikcom memberikan dua pilihan siapa yang kita-kira akan memang. Simak selengkapnya di artikel ini!

Film Terbaik

Nominasi: The Father, Judas and the Black Messiah, Mank, Minari, Nomadland, Promising Young Woman

Prediksi

Nomadland

Nomadland merupakan film yang memiliki hampir semua kriteria film yang kerap dimenangkan dalam festival, yaitu independensi, adanya isu sosial yang diangkat, akting bintang film yang memukau dan gambar yang memanjakan mata.

Minari

Cerita keluarga keturunan Korea-Amerika yang menyentuh tersebut juga memiliki peluang besar untuk menang. Terlebih di tahun sebelumnya, film produksi Korea Selatan, Parasite menang di ajang yang sama.

Film MinariFilm Minari Foto: Dok. Instagram Minari

Aktor Terbaik

Nominasi: Riz Ahmed (Sound of Metal), Chadwick Boseman (Ma Rainey's Black Bottom), Anthony Hopkins (The Father), Gary Oldman (Mank), Steven Yeun (Minari)

Prediksi

Chadwick Boseman

Meninggalnya Chadwick Boseman meninggalkan duka mendalam bagi industri film. Selain itu, aktingnya dalam Ma Reiney's Black Bottom pun terbilang memukau. Tak ada salahnya memberikan penghormatan pada karya mendiang semasa hidup, bukan?

Anthony Hopkins

Selain aktingnya yang memukau, Anthony Hopkins juga yang paling senior di antara nominasi lainnya.

Aktris Terbaik

Nominasi: Viola Davis (Ma Rainey's Black Bottom), Andra Day (The United States v. Billie Holiday), Vanessa Kirby (Pieces of a Woman), Frances McDormand (Nomadland), Carey Mulligan (Promising Young Woman)

Prediksi

Frances McDormand

Sulit menonton Nomadland tanpa membayangkan Frances McDormand adalah orang yang pantas untuk memenangkan aktris terbaik. Dalam film itu, dia berhasil memerankan tokoh Fern yang terbilang kuat. Frances McDormand juga telah dua kali membawa pulang piala Oscar, bukan tak mungkin tahun ini jadi kali ketiganya.

Andra Day

Andra Day sebelumnya telah berhasil menang di ajang Golden Globes tahun ini. Bukan tak mungkin Oscar juga ingin memberinya kesempatan menang.

78th ANNUAL GOLDEN GLOBE AWARDS -- Pictured in this screen grab: Andra Day, winner of Best Actress in a Motion Picture – Drama for 78th ANNUAL GOLDEN GLOBE AWARDS -- Pictured in this screen grab: Andra Day, winner of Best Actress in a Motion Picture – Drama for "The United States vs. Billie Holiday", speaks at the 78th Annual Golden Globe Awards on February 28, 2021. -- (Photo by: NBC) Foto: NBC

Sutradara Terbaik

Nominasi: Thomas Vinterberg (Another Round), David Fincher (Mank), Lee Isaac Chung (Minari), Chloé Zhao (Nomadland), Emerald Fennell (Promising Young Woman)

Chloe Zhao

Bila Chloe Zhao memenangkan piala Oscar tahun ini, maka sejarah akan tercipta. Ia akan menjadi perempuan kedua sekaligus menjadi perempuan Asia pertama yang menang di kategori ini di sepanjang perhelatan Academy Awards. Belum lagi, Chloe Zhao telah menang jadi sutradara terbaik di ajang Golden Globes.

David Fincher

David Fincher seolah menunjukkan sisi perfeksionisnya dalam menggarap Mank. Akan tetapi, harus diakui bahwa kemungkinan ia menang memang tidak sebanyak Chloe Zhao.

(srs/aay)