Simak 5 Fakta Menarik Oscar 2021!

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 25 Apr 2021 10:45 WIB
Piala Oscar
Ajang penghargaan Oscar digelar besok / Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Acara penghargaan Oscar tahun ini tak hanya sekadar acara penghargaan rutin tahunan. Ada hal-hal baru yang muncul di gelarannya yang memasuki kali ke-93.

Oscar tahun ini juga menorehkan sejarah baru di beberapa nominasi. Selebihnya, ada hal-hal menarik lainnya di ajang penghargaan tahun ini. Apa saja?

1. Penonton hadir secara langsung

Berbeda dengan Golden Globe juga BAFTA yang menggelar acara penghargaan secara virtual, Oscar sebaliknya. Tahun ini Oscar berusaha tetap dilangsungkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Ajang ini mengundang 170 orang penonton untuk hadir secara langsung. Semua penonton harus mengikuti tiga tes COVID-19 dan pemeriksaan suhu tubuh sebagai seleksi dan pencegahan penyebaran COVID-19.

2. Goodie bag senilai Rp 3 M

Setiap tamu undangan mendapatkan tas goodie bag sebagai kenang-kenangan. Isinya beragam mencapai nominal USD 225 ribu atau sekitar Rp 3 miliar.

Ada peralatan seperti Vape hingga perangkat akupuntur. Selain itu, isi goodie bag itu juga mencakup voucher liburan di lepas pantai Swedia hingga konsultasi kesehatan sekaligus voucher untuk operasi plastik.

3. Jumlah aktris terbanyak di daftar nominasi

Oscar 2021 jadi sejarah baru bagi kaum perempuan. Ada 70 aktris yang tercatat dalam nominasi tahun ini.

Jumlah tersebut menjadi jumlah terbanyak dari nominasi-nominasi Oscar sebelumnya.

4. 2 wanita di nominasi sutradara

Untuk pertama kalinya, Oscar menyelipkan dua sutradara perempuan di nominasi sutradara terbaik. Tahun ini dua nama itu adalah Chloe Zao sutradara di balik Nomadland dan Emerald Fennell sutradara drama Promising Young Woman.

Keduanya bersaing dengan 3 sutradara pria yaitu Lee Isaac Chung (Minari), David Fincher (Mank) dan Thomas Vinterberg (Another Round).

5. Viola Davis toreh sejarah

Viola Davis masuk dalam daftar nominasi Aktris Terbaik tahun ini. Ini adalah nominasi kedua kali yang ia peroleh.

Jumlah itu juga mencatatkan dirinya sebagai aktris kulit hitam yang paling banyak dinominasikan dalam sejarah Oscar.

Sebelumnya, Viola Davis pernah dinominasikan untuk aktris pendukung terbaik dalam Doubt pada tahun 2008 dan aktris terbaik dalam The Help pada tahun 2011. Viola Davis pernah memenangkan aktris pendukung terbaik untuk Fences pada tahun 2016.



Simak Video "'Minari' Masuk Best Picture, Ini Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/aay)