Fatality! Semua Adegan Joe Taslim di Mortal Kombat Tanpa Stuntman

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Sabtu, 24 Apr 2021 12:03 WIB
Joe Taslim saat ditemui di acara nonotn bareng Mortal Combat di XXI Metropole, Jakarta Pusat, Jumat (23/04/2021)
Joe Taslim menceritakan soal koreografi adegan berkelahi dalam Mortal Kombat. (Foto: Noel/detikcom)
Jakarta -

Joe Taslim sejauh ini sudah beberapa kali terlibat dalam film produksi Hollywood. Terbaru, dia memainkan tokoh Sub Zero dalam Mortal Kombat.

Sepanjang syuting Mortal Kombat, Joe Taslim mengatakan dirinya sama sekali tidak menggunakan pemeran pengganti atau stuntman. Bagi Joe akting tanpa pemeran pengganti sudah menjadi kemampuan yang lazim dimiliki sebagai aktor laga.

"Kalau stuntman, kalau mereka untuk fight mereka nggak pakai stuntman karena mereka hire aku memang tujuan supaya bisa mengkontribusikan pertarungan yang real, yang tidak banyak menggunakan double, jadi double itu kalau aktornya nggak bisa berantem," kata Joe Taslim usai Nobar Mortal Kombat bareng Jamtangan.com & Seiko Indonesia di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Jumat 23 April 2021.

Menurut pria kelahiran 32 Juni 1981 itu, keberadaan stuntman biasanya dibutuhkan ketika aktor drama harus memerankan adegan berbahaya.

"Kalau aktris drama tiba-tiba filmnya action, ya sudah double terus, tapi kalau-kalau aktornya udah bisa perform," kata Joe.

Joe Taslim juga memaparkan, hasil yang diperoleh dari adegan yang diperankan sendiri dengan yang menggunakan pemeran pengganti pun pastinya akan berbeda.

"Mereka akan lebih yakin karena gambarnya akan lebih nggak potong-potong, lebih keliatan terus mukanya. Nggak harus diakali dari belakang, dari atas, mukanya nggak keliatan," terang Joe Taslim.

Mengenai koreografi, Joe Taslim mengatakan hal itu tergantung pada film yang akan dimainkan olehnya. Dia pun mengaku belum sampai di titik membuat koreografi sendiri pada gerakan laga yang diperankannya.

"Koreo nggak (bikin sendiri). Kalau aku terbiasa di banyak produksi ya film Korea aku koreonya orang Korea pedang-pedangan, ninja warrior koreonya orang-orang kungfu yang China langsung yang ngajarin. Di The Raid aku diajarin sama legend silat kita kang Yayan jadi aku terbiasa sendiri ngikut," ungkapnya.

Pria yang juga berakting dalam The Night Comes for Us itu mengatakan peran seorang koreografer sangatlah penting dalam pembuatan film laga. Oleh karena itu, dia sebagai aktor pun harus cepat tanggap dengan koreografi yang diajarkan oleh koreografer.

"Jadi aku kalau di film ngikut apa nih seorang aktor bela diri harus bisa untuk mengikuti koreografer. Jadi kalau mereka nanya mau diubah biasanya aku jawab udah nggak, udah bagus. Tugas aku memperagakan yang aku bisa tapi kalau ada hal yang perlu kita diskusikan, kita diskusikan," tutur dia.

(fbr/srs)