Kate Winslet Bongkar Stigma Homofobia di Hollywood

Tim detikhot - detikHot
Selasa, 06 Apr 2021 07:55 WIB
HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 28:Actress  Kate Winslet  attends the 88th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 28, 2016 in Hollywood, California.  (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Kate Winslet bongkar stigma homofobia di Hollywood / Foto: Getty Images
Jakarta -

Amerika Serikat dikenal sebagai negara yang terbuka dengan beragam orientasi seksual hingga ekspresi gender. Namun hal itu agaknya bertolak belakang di Hollywood.

Wacana itu diangkat oleh Kate Winslet yang baru-baru ini memaparkan tentang stigma homofobia terhadap mereka, para aktor yang menyukai sesama jenis.

Dalam wawancara dengan The Sunday Times, Kate Winslet mengatakan dia setidaknya mengenal beberapa aktor yang menutupi orientasi seksual mereka karena khawatir karier mereka akan terjungkal.

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda jumlah aktor muda yang saya kenal - beberapa terkenal, beberapa baru mulai - yang takut seksualitas mereka akan terungkap dan itu akan menghalangi mereka bisa memiliki kesempatan mendapatkan peran straight," ujar sang aktris.

Kate Winslet merasa gusar dengan hal yang ia ketahui tengah terjadi di industri yang membesarkan namanya itu. Tanpa menyebutkan nama, ia mendapat cerita bagaimana ada seorang aktor yang diminta agen dan publisisnya untuk bungkam dengan orientasi seksual yang ia miliki.

"Seorang aktor terkenal baru saja mendapat agen Amerika dan agen itu berkata, 'Saya mengerti Anda biseksual. Saya tidak akan mempublikasikannya.' Menurut saya, setidaknya ada empat aktor yang benar-benar menyembunyikan seksualitas mereka. Itu menyakitkan. Karena mereka takut ketahuan. Dan itulah yang mereka katakan. 'Saya tidak ingin ketahuan'" kisah Winslet.

Bintang film Titanic ini mengatakan, hal-hal yang diributkan hingga ke urusan seksualitas seseorang dinilai menyalahi aturan. Ada beberapa aktor yang tak dipercaya memerankan karakter straight hanya karena ia adalah gay dan Kate Winslet merasa geram dengan hal itu.

"Dalam beberapa kasus, seorang aktor memilih untuk tak buka-bukaan soal orientasi seksualnya karena banyak alasan. Dan itu bukan urusan semua orang karena itu kan privasi," ujarnya lagi.

Kate Winslet pun menyinggung peran yang baru saja ia ambil sebagai seorang lesbian dalam drama berjudul Ammonite. Usai ia ambil bagian dalam film tersebut dan mengetahui kabar tentang stigma homofobia di Hollywood, sang aktris mengungkapkan penting baginya bersuara.

Ammonite, film yang dibintangi oleh Kate Winslet dan Saoirse Ronan.Ammonite, film yang dibintangi oleh Kate Winslet dan Saoirse Ronan. Foto: Dok. Lionsgate

"Tak perlu rasanya aku mengatakan bagaimana rasanya memerankan karakter seperti itu. Saat ini aku hanya lelah untuk menahan opini yang bisa kusampaikan. Peran itu tak akan ditawarkan kepada aktor lain. Untuk itu aku perlu bersuara membawa topik LGBTQ ini," tukasnya.

Aktris Kate Winslet pernah menunjukkan tubuhnya tanpa busana kala tampil di film Titanic pada 1997. Kini dirinya kembali mengulang hal tersebut di usia yang tak muda yakni 43 tahun.

Selain itu, ia juga tampil telanjang dan beradegan intim dengan seorang aktris yaitu Saoirse Ronan dalam film terbarunya itu. Kate pun mengatakan hal tersebut terasa begitu indah dan menyenangkan.



Simak Video "Menggila, Godzilla vs Kong Pecahkan Rekor di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)