Keluar dari Bayang-bayang Bruce Lee, Jackie Chan Bawa Gaya Tarung Jalanan

tim detikhot - detikHot
Senin, 05 Apr 2021 10:58 WIB
Perjalanan Hidup Jackie Chan, Sang Aktor Laga Legendaris
Jackie Chan Foto: Getty Images
Jakarta -

Jackie Chan punya karier cemerlang di dunia film. Ia mulai tenar sejak era 70'an.

Produser Lo Wei adalah sosok yang membawanya ke industri film. New Fist of Fury adalah film yang disutradarai dan dibintangi oleh Jackie Chan sendiri. Tapi kala itu, Jackie Chan dibanding-bandingkan dengan Bruce Lee.

"Lo Wei hanya ingin saya jadi Bruce Lee, dan dia ingin saya melakukan kungfu dengan gaya Bruce. Tapi saya tak seperti Bruce Lee, sebagai seorang pejuang begitu juga sebagai pribadi. Saya tak punya pengalaman yang Bruce miliki dan tak bisa bergaya seperti dia," kata Jackie Chan dalam wawancara pada 1998 dengan South China Morning Post.

"Selain itu, saya telah melihat tekanan yang dialami Bruce karena dia mempromosikan dirinya sebagai petarung terbaik, dan saya tidak ingin melalui itu. Jadi saya menyadari bahwa untuk berhasil, saya harus benar-benar berbeda dengannya."

Kendati tak punya visi sama dengan Lo Wei, Jackie Chan mendapat banyak pelajaran berharga selama bikin New Fist of Fury. Ia juga bercerita di balik syuting film tersebut.

"Nah, saya belajar banyak. Lo dulu tertidur saat kami syuting adegan perkelahian, dan saat dia tertidur, saya akan melakukan semuanya sendiri. Kru bekerja dengan tenang agar tidak membangunkannya, dan saya memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan seni bela diri. Jadi itu sangat membantu saya menjadi lebih berpengalaman," kisahnya.

Bruce LeeBruce Lee Foto: Instagram @brucelee

Jackie Chan pada akhirnya tak terlalu puas dengan hasil film tersebut. Ia mengaku tak mendapat banyak waktu untuk menyelesaikan adegan bela diri, terlebih anggaran untuk film itu juga tak terlalu besar.

Film Shaolin Wooden Men, yang digarap pada 1976, adalah film yang jauh lebih baik. Meski, sosok Bruce Lee juga masih menghantui Jackie Chan.

"Saya sangat senang dengan seni bela diri dalam film itu, karena saya membuat koreografi sendiri. Lo masih berusaha mengubahku menjadi Bruce Lee berikutnya bersama Shaolin Wooden Men, sehingga filmnya gagal di box office," kisahnya.

Jackie Chan menyebut Bruce Lee memainkan kungfu gaya utara. Sementara dirinya masih menggunakan kedua sisi antara utara dan selatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Viral Video Kondisi Jackie Chan yang Kesulitan Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]