9 Perbedaan Antara Zack Snyder's Justice League dengan Versi 2017

Tim detikhot - detikHot
Selasa, 23 Mar 2021 18:22 WIB
Justice League
Adegan di film Justice League / Foto: Dok. Instagram/zacksnyderjusticeleague
Jakarta -

Zack Snyder's Justice League menampilkan versi yang berbeda dari versi Justice League di 2017. Terlepas dari perbedaan durasi, ada hal-hal detil yang serupa namun tak sama. Jika Anda belum menyaksikan film tersebut, maka lebih baik saksikan dahulu filmnya karena artikel ini mengandung spoiler.

Apa saja bagian yang berbeda itu? Berikut perbedaan antara Zack Snyder's Justice League dengan versi sebelumnya.

1. Perbedaan di adegan pembuka

Justice League Zack Snyder dimulai dengan adegan yang berkaitan dengan Batman v Superman. Film ini dibuka menampilkan kematian Superman di tangan Doomsday.

Raungan Superman di saat-saat terakhirnya menggema ke seluruh penjuru bumi. Suara itu juga membangunkan Mother Box karena merasakan tak ada lagi pahlawan super asal Krypton itu di bumi.

Sementara di Justice League versi lama menampilkan Superman bertarung dengan Parademons.

Justice LeagueJustice League Foto: Courtesy of Warner Bros. Entertainment Inc./Courtesy of Warner Bros. Entertainment Inc.

2. Pengenalan karakter yang lebih banyak

Tiga karakter yang bergabung, Flash, Cyborg dan Aquaman ditampilkan lebih banyak menyajikan latar belakang mereka masing-masing. Adegan di mana Cyborg mengalami kecelakaan dan diceritakan kembali perjalanan hidupnya dalam sebuah rekaman dan reka ulang dari peristiwa nahas tersebut tak ada dalam versi Justice League 2017.

Begitu pula dengan Barry Allen yang dikisahkan mencoba bertahan hidup dengan susah payah mencari pekerjaan tetap sebagai petugas penjaga anjing.

JUSTICE LEAGUEJUSTICE LEAGUE Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures

3. Steppennwolf

Secara fisik, karakter ini memiliki versi yang lebih megah dari versi sebelumnya. Namun tak hanya sampai di situ, ia juga diceritakan memiliki motivasi yang berbeda.

Steppenwolf dalam versi Zack Snyder berusaha memenangkan pertempuran untuk Darkseid sehingga ia dapat kembali dan secara tak langsung menemukan teori persamaan anti kehidupan.

Sementara dalam versi di 2017, Steppenwolf dibuatkan memiliki motivasi yang sederhana di mana dirinya hanya ingin menjadikan bumi sebagai dunia bagi Darkseid.

4. Darkseid

Sebelumnya, Darkseid absen dalam cerita. Kini ia dihadirkan dan digambarkan sudah pernah menjejakkan kaki di bumi. Namun ia kalah dari pasukan gabungan kaum Amazon, Atlantis, manusia hingga Green Lantern.

Kaki tangannya yang lain, DeSaad juga ditampilkan. DeSaad menjadi penghubung antara Steppenwolf dengan Darkseid. Darkseid ditarik oleh teori persamaan Anti kehidupan yang memungkinkannya dapat mengambil alih pikiran semua orang di bumi. Bila itu terjadi, Superman pun akan tunduk dan berada di bawah kendalinya.

JUSTICE LEAGUEJUSTICE LEAGUE Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures

5. Superman

Superman memang sama-sama dibangkitkan dari dua versi film ini. Namun bagian-bagian yang berbeda di antaranya kostum yang dikenakan.

Superman mengenakan kostumnya berwarna hitam. Ia diceritakan menjelajahi kapal Krypton di mana ia mendengar suara sang ayah, Jor-El yang diperankan Russell Crowe serta Jonathan Kent yang diperankan Kevin Costner.

Selain itu, detil lainnya yang terungkap berbeda yakni Henry Cavill tak menggunakan CGI di versi Zack Snyder sebagai Superman.

Justice LeagueIris West dalam Justice League Foto: (dok.HBO Max)

6. Karakter tambahan

Deretan karakter lain meramaikan cerita film ini. Mereka di antaranya Vulko diperankan Willem Dafoe yang sebelumnya tampil di Aquaman. Selain itu adapula tokoh Iris West yang diperankan Kiersey Clemons, pujaan hati Barry Allen.

Ada pula Jared Leto yang kembali sebagai Joker hingga Jenderal Swanwick alias Martian Manhunter yang muncul dua kali di mana salah satunya menyerupai Martha Kent.

7. Pertarungan terakhir

Cyborg mencoba memisahkan Mother Box dalam dua versi Justice League. Namun di film kali ini, ia meminta bantuan kekuatan dari The Flash. Sementara itu Batman menghadapi para pasukan Parademons.

Peristiwa itu membuat para pahlawan tersebut dalam bahaya. The Flash sampai memasuki aliran waktu dan memutar ulang ke momen yang berbeda. Bagian ini tak ada dalam Justice League versi 2017.

Akhir bagi Steppenwolf pun berbeda. Aquaman berhasil menusuknya disempurnakan oleh Wonder Woman yang memenggal kepalanya dan terlempar ke tempat Darkseid berada.

Sementara di film Justice League 2017, Steppenwolf diliputi rasa takut dan Parademons balik menyerangnya.

8. Penampilan Deathstroke

Diperankan Joe Manganiello, Deathstroke diminta Lex Luthor yang meloloskan diri untuk bergabung membuat kelompok lawan dari Justice League.

Adegan tersebut diungkapkan sang aktor sebenarnya ditujukan sebagi salah satu pengantar untuk film solo Batman yang diperankan Ben Affleck yang sekarang dibatalkan.

Dalam film tersebut, Deathstroke melakukan usahanya untuk menghancurkan hidup Bruce Wayne.

9. Knightmare

Penggambaran Knightmare ditampilkan di akhir film dan merupakan adegan tambahan yang diselipkan Zack Snyder dalam film ini.

Knightmare menampilkan momen di mana bumi berhasil ditaklukkan oleh Darkseid dan Superman berada di bawah pengaruhnya. Batman pun memimpin perlawanan terhadap dunia baru karena ulah Darkseid itu.

Mereka yang ikut bergabung dalam cerita di antaranya Mera, Deathstroke juga Joker. Adegan itu menjadi adegan pertama Batman Ben Affleck dan Joker Jared Leto ditampilkan. Kematian Robin pun digaungkan usai sebelumnya jadi bahan ejekan dalam Batman v Superman.

Seperti yang diungkapkan Zack Snyder, Knightmare sudah disiapkan muncul di sekuel menampilkan Superman yang balik menjadi lawan para pahlawan.



Simak Video "'Justice League' Versi Director's Cut Berdurasi 4 Jam!"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/ass)