Profil Jane Fonda yang Terima Piala Kehormatan Golden Globe

Tim detikhot - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 15:42 WIB
Cecil B. deMille Award recipient Jane Fonda poses with the trophy at the 78th Annual Golden Globe Awards at the Beverly Hilton in Beverly Hills, CA on Sunday, February 28, 2021.
Foto: Image Group LA/HFPA Photographer
Jakarta -

Di usianya yang ke-83 tahun, Jane Fonda menerima gelar Cecil B. DeMille Award dari ajang Golden Globe. Gelar itu diberikan sebagai gelar kehormatan bagi para tokoh dan industri di dunia film dari filmaker hingga pemain peran.

Jane Fonda dikenal sebagai salah satu aktris senior Hollywood yang memulai kariernya sejak tahun 1960. Ia sudah ambil bagian dalam puluhan film hingga serial tv.

Jane Fonda sudah tercatat ke dalam tujuh nominasi Oscar. Dua nominasi Aktris Terbaik di film Klute (1971) dan Coming Home (1978). Lima nominasi lainnya datang dari film yang ia perankan di antaranya Julia (1977), The China Syndrome (1979), On Golden Pond (1981), and The Morning After (1986). Consecutive hits Fun with Dick and Jane (1977), California Suite (1978), The Electric Horseman (1979), dan 9 to 5 (1980).

Saat ini ia berperan sebagai Grace Hanson dalam serial komedi Netflix Grace and Frankie, yang dirilis sejak 2015 dan telah mendapatkan nominasi untuk Primetime Emmy Award dan tiga Screen Actors Guild Awards.

Selain dikenal sebagai aktris, Jane Fonda juga aktivis. Dikenal tak memberi dukungan pada perang Vietnam di tahun 1972, dirinya juga pernah memprotes Perang Irak dan kekerasan terhadap perempuan, dan menggambarkan dirinya sebagai seorang feminis dan aktivis lingkungan.

Dia pun mengeluarkan opininya yang juga terang-terangan menyinggung Hollywood Foreign Press Association - organisasi di bawah naungan Golden Globe untuk untuk mendiversifikasi keanggotaannya dengan memasukkan anggota yang lebih beragam.

"Saya harus mengatakan, dapatkan lebih banyak wanita! Saya baru ke-17 kalinya seorang wanita menang. Dan juga, kami perlu membantu Anda mendapatkan lebih banyak anggota kulit hitam," tuturnya.

Jane Fonda berterima kasih atas gelar kehormatan Cecil B. DeMille Award yang ia terima. Ia menyinggung bagaimana film dan cerita dapat membawa harapan dan menyebarkan kasih sayang.

"Di saat-saat yang bergejolak dan dilanda krisis seperti ini, mendongeng selalu menjadi hal yang penting," tuturnya.

"Baru tahun ini, Nomadland membantu saya merasakan cinta untuk para pengembara di antara kami dan Minari membuka mata saya untuk pengalaman imigran berurusan dengan realitas kehidupan di tempat yang asing, dan Judas and the Black Messiah, Small Axe, United States vs. Billie Holiday, Ma Rainey dan One Night in Miami dan lainnya telah memperdalam empati saya untuk arti menjadi Black (kulit hitam). Ramy membantu saya merasakan apa artinya menjadi Muslim Amerika," imbuhnya.

Sebelum Jane Fonda, ada deretan aktor lain yang sudah menerima Cecil B. DeMille Award. Tom Hanks di antaranya menerima film ini di tahun lalu. Ada pula Oprah Winfrey juga Meryl Streep serta Denzel Washington.



Simak Video "Film 'Minari' Dinilai Layak Mendominasi Nominasi Golden Globes"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)