5 Film yang Ditunda Penayangannya, Apa Saja?

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 22 Jan 2021 13:38 WIB
Deretan film yang ditunda.
Deretan film yang ditunda penayangannya. Dok. Ist
Jakarta -

Beragam film harus menelan pil pahit untuk memundurkan lagi jadwal penayangannya hingga ke akhir tahun. Bahkan ada pula yang memilih untuk menayangkan filmnya pada 2022 mendatang.

Film James Bond bertajuk No Time To Die tampaknya sudah tak asing dengan mundurnya jadwal tayang. Hingga saat ini mereka sudah lebih dari empat kali memundurkan jadwal tayangnya tersebut hingga pengumuman terakhirnya mereka akan dirilis pada 8 Oktober 2021.

Mundurnya film terakhir Daniel Craig sebagai mata-mata Inggris itu pun seolah menjadikan efek domino pada beberapa bioskop di Amerika dan Inggris. No Time To Die awalnya dijadwalkan tayang pada April 2020, lalu mundur ke November 2020 dan menjadi April 2021 sebelum akhirnya berganti lagi.

Tim produksi film tersebut sengaja memundurkan jadwal tayangnya karena mereka tak ingin jika No Time To Die ditayangkan secara online. Meski begitu mereka pun khawatir karena penundaan tersebut tentunya tak berefek baik bagi keuangan, khususnya para investor.

Contohnya, No Time To Die memiliki biaya produksi sebesar 250 juta dollar. Maka mereka setidaknya harus mampu menghasilkan dua kali lipat dari biaya produksi untuk menutupi biaya pemasaran atau promosi yang sudah mereka keluarkan.

Harapan besar pun diberikan pada No Time To Die, mengingat beberapa film sebelumnya mampu meraih sukses. Seperti Spectre yang tayang pada 2015 menghasilkan 879 juta dollar, Skyfall (2012) memuncaki dengan penghasilan 1,1 miliar dollar.

Penjualan tiket bioskop masih menjadi pemasukan utama dari para sineas, sehingga banyak yang memaksakan diri untuk menunggu perilisan filmnya.

"Saat ini tak ada kepastian di dalam marketplace (film), perubahan tanggal (tayang) lebih baik dari pada perubahan tempat atau dari layar lebar menuju layar yang lebih kecil (daring)," ujar Paul Dergarabedian, senior media analyst Comscore pada CNBC.

Selain No Time To Die adapula empat film lainnya yang turut dimundurkan jadwal tayang, mereka adalah: Peter Rabbit 2: The Runaway yang dimundurkan menjadi 11 Juni 2021, Cinderella menjadi 16 Juli 2021, Ghostbusters: Afterlife menjadi 11 November 2021 dan Uncharted belum ada kepastian hingga 11 Februari 2022.



Simak Video " 'No Time to Die' Bakal Jadi Film Durasi Terpanjang di James Bond"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)