Locked Down: Mencuri Berlian dan Cinta yang Hilang

Candra Aditya - detikHot
Selasa, 19 Jan 2021 11:55 WIB
Locked Down
Anne Hathaway dan Chiwetel Ejiofor di Locked Down (Foto: HBO)
Jakarta -

Ternyata mencuri perhiasan mahal menjadi hobi baru Anne Hathaway. Setelah mencuri perhiasan di Met Gala bersama Sandra Bullock, Cate Blanchett, Rihanna dan kawan-kawan dalam Ocean's Eight beberapa tahun lalu, Hathaway melakukan hal yang sama dalam film terbaru Doug Liman berjudul Locked Down yang baru saja rilis di HBO GO. Hanya saja kali ini Hathaway melakukannya bersama suaminya yang diperankan oleh Chiwetel Ejiofor.

Hathaway dan Ejiofor memerankan Linda dan Paxton, pasangan suami istri yang sepertinya sudah tidak saling mencintai lagi. Terjebak di London, Linda dan Paxton saling menghindar. Linda muak dengan kariernya yang melesat di sebuah korporasi kapitalis dengan bos-bos kejam. Sementara Paxton mulai menyadari perannya sebagai laki-laki makin lama makin menguap. Pekerjaannya hilang, motor yang menjadi identitasnya sebentar lagi akan bertemu dengan pemilik baru. Oh, dan sebelum lockdown dijalankan, istrinya mengatakan bahwa pernikahan mereka akan berakhir.

Locked Down yang ber-setting di tengah-tengah pandemi mengingatkan penonton akan kejemuan yang kita semua alami. Suara percakapan di Zoom yang kadang tidak jelas, pertikaian dengan sesama saudara, Zoom meetings dengan rekan kerja yang berakhir tragis. Semua hal ini mewarnai Locked Down. Tapi tentu saja yang membedakannya adalah bagian dimana pasangan suami istri ini memutuskan untuk mencuri berlian seharga jutaan dolar.

Locked Down bukan heist film yang biasa Anda tonton. Locked Down bukan Ocean's Nine. Locked Down lebih seperti character study tentang dua orang yang dulunya saling mencinta tapi lupa bagaimana mempertahankan cinta tersebut. Dan hal inilah yang digarisbawahi oleh penulis skripnya Steven Knight dan sutradara Doug Liman. 75% isi film ini adalah tentang emosi yang membuncah, yang klimaksnya diakhiri dengan sebuah aksi yang sungguh nekat.

Steven Knight mewarnai Locked Down dengan berbagai macam argumen, kalimat-kalimat penyesalan, rayuan dan frustasi. Karena konten utamanya adalah tentang perasaan yang terkekang (sesuai dengan judulnya) maka penggunaan setting yang terbatas jadi sebuah keputusan yang tepat. Dan beruntung dialog-dialog Knight yang lumayan panjang dan penuh makna ganda diterjemahkan dengan jelas oleh Anne Hathaway dan Chiwetel Ejiofor.

Kalau Ejiofor sanggup menunjukkan bagaimana sosok laki-laki yang sudah putus asa, maka Hathaway menunjukkan sisi frustasinya dengan kadang-kadang monolog sendiri. Keduanya saling mengisi. Meskipun sepanjang film mereka bertengkar, saya bisa merasakan sejarah diantara hubungan mereka berdua.

Locked Down bukan film pertama Doug Liman yang bertemakan "pasangan suami istri yang tidak bahagia". Mr. And Mrs. Smith yang melejitkan namanya juga memiliki premis yang sama meskipun film tersebut lebih fokus ke aspek blockbuster daripada emosionalnya. Meskipun Locked Down tidak se-action packed film yang membuat dunia heboh dengan Brad Pitt dan Angelina Jolie tersebut, Liman tetap bisa membuat film ini menarik, asyik untuk dinikmati, dan terutama sinematik. Syuting di tengah pandemi memang tidak ideal. Dan akibatnya muncul banyak produk yang hasilnya ala kadarnya. Tidak dengan Locked Down.

Locked Down tetap terlihat percaya diri dan sinematik. Pemilihan lokasi dan terutama rumah yang ditempati Linda dan Paxton sangat membantu film ini kelihatan gagah. Dan ketika Locked Down berubah dari drama rumah tangga menjadi caper film, Liman membuat saya bertanya-tanya bagaimana mereka bisa melakukan itu semua di tengah pandemi.

Locked Down bukanlah film yang sempurna. Proporsi antara drama dan aksinya kurang imbang. Jika Anda mengharapkan film ini seperti film pencurian ala Soderbergh, bersiaplah kecewa. Tapi sebagai sebuah entertainment, film ini lebih dari cukup untuk mengobati rasa kangen saya terhadap film-film blockbuster renyah Hollywood. Dan duet Ejiofor dan Hathaway sama sekali tidak mengecewakan. Bersama mereka berdua Anda akan ikut tersenyum sambil merasakan angin meniup wajah Anda saat keduanya melewati jalanan London dengan motor mereka.

Locked Down dapat disaksikan di HBO GO.

Candra Aditya adalah seorang penulis dan pengamat film lulusan Binus International.

(aay/aay)