Kinosaurus Ruang Alternatif Pemutaran Film di Kemang Umumkan Tutup

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 02 Des 2020 10:52 WIB
Kinosaurus
Kinosaurus Jakarta / Foto: (Instagram)
Jakarta -

Bagi publik khususnya pecinta film di Jakarta agaknya tak asing dengan Kinosaurus. Ruang alternatif menonton film itu mengumumkan berhenti beroperasional.

Pengumuman itu disampaikan lewat akun resmi Kinosaurus Jakarta di Instagram. Semestinya tahun ini, Kinosaurus merayakan hari jadi mereka yang kelima.

"Cepat atau lambat, perpisahan akan datang menyapa kita.

Sejak dibuka pada Desember 2015 lewat penayangan publik perdananya, ruang putar Kinosaurus telah mencoba dengan semangat membara memenuhi segala macam hasrat para penonton film lewat berbagai program yang diadakan, baik pemutaran maupun non-pemutaran. Segala macam hiruk pikuk perfilman coba kita bagikan lewat ruangan yang intim dan suasana yang santai. Kami ingin berbagi keyakinan yang sama, sinema untuk semua dan bioskop alternatif yang mandiri dapat hidup, juga layak diperjuangkan," tulis akun resmi Kinosaurus.

Seperti banyak lini lainnya yang terdampak karena pandemi, Kinosaurus tak memungkiri keputusan untuk berhenti beroperasional salah satunya karena situasi pandemi yang kini masih melanda.

"Terhitung sejak bulan Desember 2020, Kinosaurus resmi menutup ruang pemutaran yang berada di Kemang Raya 8b, Jakarta Selatan. Alasannya secara hitung-hitungan, kami belum dapat memenuhi biaya operasional, terutama sejak pandemi menyerbu. Selain itu, kami merasa bahwa kondisi ruangan tersebut tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengunjung di era pandemi ini."

Selama ini, Kinosaurus tak hanya menjadi ruang pemutaran film. Tempat ini juga menjadi wadah komunitas bagi para pecinta film.

Sejumlah aktivitas diselenggarakan di sini, termasuk gelaran jumpa pers sejumlah film. Meski begitu, Kinosaurus menjanjikan tetap hadir dalam bentuk yang berbeda.

"Mendekati hari ulang tahun ke-5, perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada semua penonton yang telah hadir selama 5 tahun dan ikut berdonasi sehingga Kinosaurus tidak punah sampai hari ini. Begitu juga kepada kawan-kawan pemilik film, distributor, pusat kebudayaan, dan pekerja film maupun non pekerja film yang terus mendukung keberadaan Kinosaurus dengan semangat berbagi yang sama.

Sebagai informasi, Kinosaurus masih akan tetap ada, hidup dan tumbuh meski dalam bentuk berbeda dari 5 tahun kemarin.

Nantikan pengumuman berikutnya mengenai rumah baru kami -- daring maupun luring -- dimana kami akan berjumpa kembali dengan kalian.

Sambil menunggu pengumuman ini dan sebagai bentuk perayaan ulang tahun kami yang ke-5, kami mengajak kalian yang mempunyai kenangan manis di ruangan kami untuk berbagi gambar maupun kata-kata dan jangan lupa tag kami @kinosaurusjakarta #5tahunKinosaurus #kenanganKino

Sekali lagi, terima kasih, sahabat-sahabat Kinosaurus. Kita berjumpa dalam rupa yang baru. Panjang umur semangat baik."

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Red Carpet Golden Globes 2021 yang Tak Seglamor Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)