Aktor Bollywood Soumitra Chatterjee Meninggal karena COVID-19

Devy Octafiani - detikHot
Senin, 16 Nov 2020 10:57 WIB
Soumitra Chatterjee
Foto: (dok. kolkatasutra)
Jakarta -

Duka menghampiri dunia perfilman India. Salah satu aktor seniornya, Soumitra Chatterjee, meninggal dunia di usia 85 tahun.

Soumitra Chatterjee dikenal sebagai salah satu aktor legendaris Bollywood. Sepanjang kariernya di dunia akting, Soumitra telah membintangi 200 film.

Dilansir Associated Press, Soumitra Chatterjee meninggal dunia usai menjalani perawatan di rumah sakit. Soumitra dinyatakan positif COVID-19 dan menjalani perawatan sejak awal Oktober.

Ia menerima gelar sebagai aktor legendaris usai penampilannya bekerja sama dengan sutradara asal India, Ray dalam sejumlah film. Di antaranya berhasil menuai apresiasi di tingkat internasional.

Film-film tersebut di antaranya, Apur Sansar (The World of Apu), Charulata (The Lonely Wife), Aranyer Din Ratri (Days and Nights in the Forest) Ghare Baire (The Home and the World) dan Ganashtru (Enemy of the People).

Soumitra Chatterje lahir pada 19 Januari 1935 di Bengala. Ia menjadi ikon budaya dan bintang asal kawasan tersebut yang didiami 90 juta penduduk.

"Bioskop internasional, India, dan Bengali telah kehilangan raksasa. Kami akan sangat merindukannya. Dunia perfilman Bengal kehilangan panutan," ungkap Mamata Banerjee, kepala kementerian Benggala Barat lewat Twitter.

Semasa hidupnya, Soumitra Chatterjee dianugerahi penghargaan di 2017. Ia menerima Ordre des Arts et des Lettres, penghargaan tertinggi Prancis untuk para aktor dan seniman.

Chatterjee terjun ke dunia akting pada tahun 1959. Sebelumnya ia menjalani profesi sebagai penyiar di sebuah stasiun radio di Kalkuta. Darah seni mengalir dalam diri Chatterjee. Ia juga rajin menulis drama dan seorang penyair.

Di usia senjanya, Chatterjee tak memiliki keinginan untuk pensiun. Dalam sebuah wawancara di tahun 2016, ia mengatakan "saya takut: Jika saya tidak bekerja, saya tidak akan ada."



Simak Video "Aktor Bollywood Soumitra Chatterjee Meninggal karena COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/nu2)