Podcast Penonton Bayaran: The Professor and The Madman, Belajar Sejarah Kamus Oxford

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 17 Okt 2020 07:00 WIB
Podcast Penonton Bayaran episode The Professor and The Madman
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Sebuah film yang diadaptasi dari novel mungkin sudah biasa, dari komik pun sudah banyak, dari game sekarang juga mulai menjamur. Tapi bagaimana jadinya kalau sebuah film ceritanya terinspirasi dari sebuah kamus?

Adalah Oxford English Dictionary, kamus yang menjadi kitab suci dalam katalog kata-kata di bahasa Inggris. Kamus tersebutlah yang menjadi latar belakang kisah dalam film The Professor and The Madman yang pekan ini diulas di Podcast Penonton Bayaran detikcom.

Episode ini sudah bisa didengarkan di Spotify atau langsung di bawah ini:

Bertahun-tahun setelah kamus itu tercipta, Oxford English Dictionary masih menjadi rujukan paling banyak digunakan untuk menelaah makna kata dalam bahasa Inggris.

Dalam film, tokohnya akan bersinggungan dengan seseorang bernama James Murray (Mel Gibson), pria yang memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam hal bahasa.

Sebelum itu, Murray mencoba untuk bisa diterima sebagai editor dalam proyek penyusunan kamus bahasa Inggris yang nantinya dikenal sebagai Kamus Bahasa Inggris Oxford. Namun tak semudah itu Murray mewujudkan keinginannya. Ia diragukan karena latar pendidikannya yang rendah.

The Professor and The Madman menampilkan jalinan kerja sama antara James Murray dan William Chester Minor yang diperankan oleh Sean Penn.

Kamu bisa menyaksikan film The Professor and The Madman di Mola TV dan jangan lupa dengarkan Podcast Penonton Bayaran di Spotify!

(aay/aay)