Ratched: Membunuh dengan Kata-kata

Tiket Bioskop - detikHot
Sabtu, 03 Okt 2020 17:03 WIB
Racthed
Foto: Racthed
Jakarta -

Bukan, ini bukan spin-off dari American Horror Story - Asylum mentang-mentang Sarah Paulson sebagai pemeran utamanya. Melainkan, ini adalah spin-off prekuel dari film klasik legendaris One Flew Over Cuckoo's Nest (1975) yang menang 5 kategori utama dari total 10 nominasi di Academy Awards tahun 1976. Mulai dari Best Screenplay, Best Director, Best Lead Actor, Best Lead Actress, hingga Best Picture.

Tidak hanya itu, film ini juga nangkring di posisi 18 di daftar Top 250 iMDB. Jadi nggak heran kalau ada yang berminat untuk melebarkan universe ini. Yang menarik adalah kita akan melihat masa muda dari karakter antagonis yang cukup terkenal pada masanya, suster Ratched, yang jelas dibenci oleh semua penonton film panjangnya akibat karakternya yang sadis dan seakan tidak punya hati.

Menurut kreator series Ratched, Ryan Murphy, dirinya sudah mempersiapkan empat season dengan bagaimana suster Mildred Ratched menghadapi lawan laki-laki yang berbeda dalam setiap season. Untuk kemudian di season keempat, jalan cerita akan disambungkan dengan film panjangnya. Ciamik!

Satu hal yang nggak gue duga, ternyata series ini punya genre dan atmosfer yang jauh berbeda dari film panjangnya. One Flew Over Cuckoo's Nest memang bergerak di area drama yang penuh inspirasi dan makna hidup. Sebaliknya, series Ratched mengeksplorasi kegelapan dan kesadisan karakter Mildred Ratched yang penuh tipu daya, manipulasi, dan darah. Iya, ini adalah hal yang nggak gue sangka-sangka; banyak darah, daging, tulang yang terekspos yang sukses bikin gue ngilu begajulan. Atmosfernya sendiri lebih ke arah thriller mystery dengan iringan scoring yang menegangkan dan cenderung creepy.

Seru sih karena series anti-hero ini nggak melulu ngasih liat bahwa Mildred Ratched itu pure evil. Di beberapa kesempatan diperlihatkan bagaimana dia juga baik dan peduli dengan nyawa manusia. Meski di banyak kesempatan dia lebih mengarah ke mengejar tujuan dia dengan menghalalkan segala cara. Cara manipulasi dan skema jahatnya juga patut diacungi jempol karena selalu bikin gue melongo sambil tepuk tangan di setiap akhir episode.

Iya benar sekali kalau ada ucapan bahwa Suster Ratched membunuh orang dengan mulut dan kata-katanya. Mengarah ke psikopat? Bisa jadi. Apalagi latar belakang series ini di rumah sakit jiwa dengan side story pasien-pasien yang mengalami gangguan kejiwaan yang unik. Subplot yang bisa membuat para mahasiswa dan alumni psikologi melonjak kegirangan karena sisi ilmiah yang cukup akurat.

Kamu bisa menyaksikan Ratched dan series lainnya di Mola TV.



Simak Video "Ternyata Sophia Latjuba dan Iwan Fals Orangnya Cemburuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/dar)