Daniel Chong Sengaja Bikin We Bare Bears Seperti Manusia

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 19 Sep 2020 20:31 WIB
We Bare Bears
Daniel Chong sengaja buat We Bare Bears kayak manusia. (Foto: dok. Cartoon Networks)
Jakarta -

Dalam serial animasi We Bare Bears, tiga beruang berbeda spesies hidup berdampingan dengan manusia. Mereka adalah Grizzly yang adalah beruang cokelat, Panda yang adalah seekor panda, dan Ice Bear yang merupakan seekor beruang kutub. Alih-alih berlaku seperti halnya binatang, ketiga beruang ini justru hidup sebagaimana halnya manusia.

Saat ide membuat karakter beruang ini muncul, Daniel Chong sepertinya memang tidak pernah berniat untuk menjadikan mereka seperti seharusnya beruang. Dia justru membuat para beruang ini hidup di tengah-tengah masyarakat.

Alasan kenapa Daniel Chong memilih hewan beruang untuk dijadikan karakter utama dalam kartun rekaannya sendiri, karena menurutnya hewan ini yang paling mirip manusia.

"Tidak ada alasan yang khusus (kenapa beruang), hanya visual yang lucu. Buatku, yang lucu adalah melihat beruang-beruang ini berusaha untuk hidup di tengah-tengah manusia. Kalau kau melihat beruang, ketika mereka berdiri, mereka tampak seperti manusia," katanya dalam sebuah wawancara dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Gambaran soal tiga ekor beruang yang berusaha tampak natural di antara manusia menggelitik sisi kreatif Daniel Chong. Sehingga akhirnya terciptalah tiga beruang yang punya kebiasaan saling bertumpuk itu saat dirinya tengah mengasuh keponakan kekasihnya di sebuah perpustakaan.

"Visual yang lucu membayangkan beruang berusaha untuk beradaptasi dengan orang-orang. Itulah gambaran pertama yang aku berikan ketika aku menjual serial televisi ini. Gambaran para beruang dalam sebuah pesta dan mereka berusaha untuk membaur di antara orang-orang, memegang gelas merah, berusaha bergaul tanpa ada yang memperhatikan (kalau mereka sebenarnya beruang)," katanya.

Struktur tubuh beruang ketika mereka berdiri dan imajinasi soal beruang di tengah pesta itulah yang membuat Daniel Chong semakin yakin untuk menggunakan binatang tersebut untuk karakter-karakter kartunnya.

"Itulah kenapa beruang jadi binatang yang cocok karena misalnya kalau (aku memilih) anjing, mereka tidak terlihat seperti manusia. Beruang lebih terlihat cocok dan pas berada di samping manusia, di banyak sisi aku merasa mereka lebih cocok (ketimbang binatang yang lain). Beruang jadi binatang yang sempurna untuk cerita ini," bebernya.

Tinggal di California bagian Utara juga ternyata cukup memberikan pengaruh yang besar pada karakter beruang yang dibuatnya. Dia sendiri curiga, mungkin karena ada banyak elemen beruang di daerah tempat tinggalnya yang pada akhirnya membuat dirinya kepikiran untuk menggambar beruang saat berusaha membuat keponakan kekasihnya tertawa itu.

"Salah satu alasannya mungkin karena aku tinggal di California Utara pada saat itu, sekolah seperti UC Berkeley punya maskot beruang. Beruang ada di mana-mana seperti di patung, bendera, sweater, di mana-mana. Jadi itu melekat di kepalaku. Tapi kalau ditanya kenapa beruang, alasan paling jujur adalah karena menurutku beruang lucu dan aku hanya ingin membuat keponakan pacarku tertawa. Dan beruang berhasil melakukannya," tandas Daniel Chong.

Empat season We Bare Bears kini bisa disaksikan di HBO GO. Film layar lebar terbaru sebagai penutup empat musim We Bare Bears yang berjudul We Bare Bears: The Movie juga sudah bisa disaksikan di Indonesia lewat layanan streaming Mola TV.

(aay/mau)