HUT RI ke-75, Ini 5 Rekomendasi Film tentang Perjuangan

Abu Ubaidillah - detikHot
Minggu, 09 Agu 2020 12:41 WIB
merah putih
Foto: shutterstock
Jakarta -

Indonesia siap memperingati ulang tahunnya yang ke-75 pada 17 Agustus 2020. HUT RI kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan adanya pandemi COVID-19 yang membuat banyak aktivitas dibatasi.

Selain lomba-lomba kemerdekaan secara online, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan untuk memeriahkan kemerdekaan meski dari rumah saja, salah satunya adalah nonton film tentang perjuangan para pahlawan membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan.

Berikut adalah rekomendasi 5 film tentang kemerdekaan Indonesia terbaik untuk memperingati HUT RI ke-75.

Merah Putih (2009)

Merah Putih merupakan film pertama dari rangkaian 'Trilogi Merdeka' yang merupakan trilogi film perjuangan Indonesia. Film yang mendapat rating 6,2/10 versi IMDb ini bercerita tentang perjuangan melawan tentara Belanda pada tahun 1947.

Ada 5 kadet yang mengikuti latihan militer di Barak Bantir, Semarang, Jawa Tengah yang masing-masing memiliki perbedaan latar belakang, suku, dan agama. Suatu ketika kamp pelatihan mereka diserang tentara Belanda, namun 5 kadet ini berhasil kabur dan bergabung dengan pasukan gerilya di pedalaman Jawa untuk membuat strategi mengalahkan pasukan Belanda.

Merah Putih II: Darah Garuda (2010)

Darah Garuda merupakan film kedua dari rangkaian 'Trilogi Merdeka', film ini mendapat rating 6,8/10 versi IMDb. Film ini menceritakan kelanjutan para kadet yang sebelumnya telah membangun strategi untuk melawan tentara Belanda dan mereka melancarkan aksinya.

Namun upaya mereka tak semulus yang direncanakan. Satu per satu rahasia dari masa lalu mulai terkuak dan konflik kelas sosial serta agama pun memperkeruh suasana. Namun pertikaian yang terjadi tak menyurutkan semangat mereka untuk bersatu mengejar kemerdekaan.

Merah Putih III: Hati Merdeka (2011)

Film ini masih merupakan kelanjutan dari 'Trilogi Merdeka'. Bercerita soal perjuangan membebaskan diri dari agresi militer Belanda pada tahun 1947, latar tempat film ini tak lagi di Pulau Jawa.

Konflik antarpejuang bangsa mengalami puncaknya, pemimpin mereka memutuskan mundur karena pergolakan batin. Meski tanpa pemimpin, para kadet memutuskan untuk melanjutkan perjuangan membunuh Kolonel Raymer, pemimpin dari agresi Militer Belanda. Film ini mendapat rating 6,2/10 versi IMDb.

Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya atau November 10th merupakan film animasi 2D yang menceritakan kisah seorang anak berusia 13 tahun, Musa bersama Yumna menjalani takdir kelam karena harus terlibat dalam perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Film yang mendapat rating 7,1 bercerita tentang pekerjaan Musa yang merupakan tukang semir sepatu dan kurir pengantar surat yang memiliki konsekuensi besar. Tugas sebagai pengantar surat kepada kolonial Belanda ini membuatnya harus kehilangan harta dan orang yang dikasihi.

Jenderal Soedirman (2017)

Film yang dibintangi Adipati Dolken ini mendapat rating 7,3/10 versi IMDB. Film ini berkisah tentang Belanda yang menyatakan tak lagi terikat oleh Perjanjian Renville dan menghentikan gencatan senjata.

Jenderal Soedirman yang menderita penyakit serius pun memimpin perang gerilya selama 7 bulan. Belanda menyatakan Indonesia sudah tidak lagi ada, namun Jenderal Soedirman dengan lantang berkata Indonesia masih eksis dan tetap kokoh.

Nah itu dia beberapa film rekomendasi tentang kemerdekaan Indonesia untuk memperingati HUT RI ke-75 yang bisa ditonton secara streaming. Saat memilih menonton secara streaming, Anda harus memastikan paket internet Anda mencukupi agar film tak terhenti di tengah-tengah.

Bila ingin membeli paket data secara praktis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Grab. Cukup buka aplikasi Grab dan masuk ke menu Pulsa/Token, Anda bisa mengisi paket data untuk berbagai provider seperti Telkomsel, XL, Axis, IM3, dan lainnya.



Simak Video "Kapal Perang di Lantamal VI Bunyikan Sirene di Perayaan Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)