Mulan Dirilis Streaming, Disney Tuai Kritikan

Devy Octafiani - detikHot
Kamis, 06 Agu 2020 15:55 WIB
Screenshoot film Mulan.
Film Mulan tayang di Disney Plus / Foto: Dok. Walt Disney Pictures
Jakarta -

Disney memutuskan merilis film Mulan secara streaming. Film ini akan ditayangkan di Disney Plus.

Keputusan ini diambil setelah penayangan Mulan yang dijadwalkan keluar di bioskop sejak akhir Maret 2020 ditunda beberapa kali. Langkah yang diambil Disney ini pun menuai kritik.

Kritik tersebut datang dari pengusaha bioskop seperti dilansir dari ScreenRant. Asosiasi sinema Inggris menyebut semestinya Disney berjalan beriringan dengan pihak eksibisi dalam hal ini bioskop untuk bersama menghadapi situasi sulit imbas pandemi yang terjadi.

"Sementara tak ada yang dapat memperkirakan tantangan yang dihadapi kami pengusaha bioskop, banyak operator yang menunjukkan kepercayaan pada bisnis kami dengan berinvestasi dalam perlindungan yang diperlukan untuk kami agar dapat beroperasi kembali. Kami membutuhkan studio besar untuk dapat melakukan hal yang sama," ungkap Phil Clapp dari Asosiasi Sinema Inggris.

Dirilisnya film Mulan lebih dulu diyakini akan mengurangi minat publik untuk datang ke bioskop.

"Poin pertama dan terpenting, hal ini akan menghilangkan kesempatan bagi ratusan ribu penonton untuk menyaksikan film luar biasa ini di tempat yang semestinya yakni lewat bioskop," imbuh Phil Clapp.

Disney dianggap seharusnya tak merilis Mulan lewat streaming di situasi seperti sekarang.

"Keputusan Disney kemarin untuk menempatkan Mulan pada layanan Disney + mereka dan tidak ke bioskop akan dilihat oleh banyak orang sebagai sangat mengecewakan dan salah waktu," tukas ketua Asosiasi Sinema Inggris tersebut.

Mulan telah mengalami penundaan tayang di bioskop sebanyak tiga kali. Disney mengungkapkan, keputusan ini diambil untuk menghibur penggemar yang tak sabar menyaksikan Mulan secara aman dari rumah.

Penayangan ini akan dibuka secara eksklusif oleh Disney. Studio ini mematok harga USD 29.99 bagi pelanggan Disney Plus yang ingin menyaksikan film ini.

Keputusan ini sempat membuat penggemar tak terima dengan harga yang diterapkan Disney. Namun studio ini mengatakan, mereka yang telah membayar sejumlah nominal tersebut dapat menyaksikan Mulan kapan saja selama masih menjadi pelanggan di streaming Disney Plus.

Disney akan melepas live-action Mulan yang diadaptasi dari animasinya berjudul sama ini pada 4 September.



Simak Video "Pelanggan Disney+ Bisa Akses 'Mulan' Gratis di Bulan Desember"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)