detikHot

movie

Terinspirasi Marvel, Deadpool hingga Loki Jadi Nama Spesies Serangga Baru

Kamis, 30 Jul 2020 10:48 WIB Devy Octafiani - detikHot
Deadpool, Loki hingga Black Widow: Nama-nama serangga baru di Australia Deadpool jadi nama serangga mematikan jenis baru / Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Para ilmuwan dari lembaga penelitian di Australia, memberikan nama ilmiah bagi serangga jenis baru. Nama tersebut mereka adopsi dari nama pahlawan super Marvel.

Ada lima serangga yang dipilih menerima nama-nama dari para superhero favorit seperti dilansir CNN. Di antaranya lalat Thor yang dalam istilah ilmiahnya bernama Daptolestes bronteflavus. Terjemahan dari bahasa latinnya bermakna Blond Thunder.

Lalat tersebut memiliki bintik emas dan coklat muda pada tubuh, antena dan wajahnya. Mengingatkan pada rambut pirang sang Dewa Petir juga penampilan dan kostum Thor.

Ada pula lalat Loki yang istilah ilmiahnya bernama Daptolestes illusiolautus yang artinya memiliki siasat menipu tanpa cela seperti Loki yang memalsukan kematiannya sendiri dan suka mengkhianati karakter lain.

Selain itu ada juga Black Widow yang diberikan pada lalat yang dalam ilmiahnya disebut Daptolestes feminategus. Yang berarti seorang wanita yang mengenakan jas kulit seperti kostum milik Natasha Romanoff.

Sementara itu, Deadpool juga diberikan pada serangga dari jenis lalat yang berwarna oranye dominan merah dan hitam. Penampakannya mirip dengan penampilan Deadpool.

"Kami memilih nama Humorolethalis sergius (untuk Deadpool). Kedengarannya seperti humor yang mematikan dan berasal dari kata Latin humorosus, yang berarti basah atau lembab, dan lethalis yang berarti mati," kata pakar entomologi CSIRO Dr. Bryan Lessard dalam sebuah pernyataan.

Yang terakhir ada serangga yang diberi nama untuk menghormati Stan Lee. Selama ini ia dikenal sebagai pendiri dan sosok yang sukses di belakang komik Marvel.

Serangga itu diberi nama Daptolestes leei, ia memiliki tanda pada wajahnya yang mengingatkan pada penampilan Stan Lee yang khas dengan kacamata dan kumisnya.

"Memberi nama pada spesies baru merupakan kekuatan yang penting dalam menghadapi tantangan dunia," ujar lembaga penelitian CSIRO yang berdiri sejak 1916 ini dalam pernyataan resminya.

Ada 151 serangga baru, delapan tanaman baru, dua ikan baru, satu tungau baru, tiga subspesies baru burung, dan 25 invertebrata laut, beberapa di antaranya yang ditemukan beberapa dekade belakangan.

Pemberian nama-nama dari karakter superhero populer menjadi penghormatan tersendiri dari para ilmuwan.




Simak Video "Melihat Aksi Taksmasker di Trailer Black Widow"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com