IndoXXI Diblokir, Streaming Film Bajakan di Indonesia Terendah di ASEAN

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 16 Jul 2020 18:50 WIB
INDOXXI
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Situs nonton film ilegal IndoXXI sudah diblokir pemerintah sejak awal tahun 2020 ini. Tampak terjadi perubahan jumlah penonton film bajakan di platform streaming ilegal di Indonesia.

Dalam sebuah survey dan studi yang dilakukan oleh Asia Video Industry Association's Coalition Against Piracy (CAP) dan YouGov, menunjukkan bahwa kini hanya 28% saja masyarakat Indonesia yang masih mengakses situs streaming film bajakan dan situs torrent untuk mengakses konten bajakan dalam 10 bulan terakhir.

Angka tersebut turun drastis dari 63% ketika survey yang sama dilakukan pada September 2019, demikian seperti dikutip detikcom dari avia.org (Asia Video Industry Association). Secara keseluruhan, penurunan akses situs streaming film ilegal seperti IndoXXI dan sejenisnya di Indonesia berkurang hingga 68% antara bulan Agustus 2019 hingga Juni 2020.

Selain itu, CAP dan YouGov juga menemukan bahwa terjadi penurunan hingga 80% dalam jumlah penggunaan alat streaming ilegal seperti tv box dan akses VOD tidak resmi dibandingkan dengan survey pada bulan September 2019.

Jika dibandingkan dengan hasil survey serupa yang dilakukan di region Asia Tenggara, maka Indonesia jadi yang paling unggul. Indonesia yang terbaik soal berkurangnya akses konsumen terhadap situs streaming film ilegal semacam IndoXXI dan penggunaan alat streaming ilegal dibandingkan dengan Singapura, Hong Kong, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Setelah pemerintah memblokir IndoXXI dan situs streaming film ilegal lainnya, menurut CAP dan YouGov, 50% konsumen menyatakan bahwa mereka tidak lagi mengakses situs-situs tersebut. Sementara 34% lainnya mengaku kini mereka sudah jarang mengakses situs film bajakan.

Blokir yang dilakukan terhadap situs streaming film ilegal juga meningkatkan kesadaran konsumen untuk berlangganan di platform legal. 16% dari konsumen menyebutkan bahwa mereka sudah mulai berlangganan situs streaming legal saat IndoXXI diblokir. Sementara 23% dari mereka lebih memilih menonton gratisan di platform streaming legal lokal, lalu 74% menyaksikan film gratis dari platform streaming legal internasional.

*Data survey didapatkan dari populiasi online. Ukuran sampel Indonesia n=,1017

(ron/nu2)