detikHot

movie

Panitia Siapkan Dua Skenario Penyelenggaraan FFI 2020

Rabu, 17 Jun 2020 10:01 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
festival film indonesia Foto: (dok.Festival Film Indonesia)
Jakarta -

Festival Film Indonesia (2020) tetap akan terselenggara meski harus diadakan di tengah situasi pandemi. Pembacaan nominasi bakal dilangsungkan pada 7 November 2020 sedangkan malam penganugerahannya akan diadakan pada pada 5 Desember 2020.

Kendati demikian, komite telah menyiapkan dua skenario penyelenggaraan FFI 2020. Menurut Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI, bila memungkinkan, acara tersebut bisa saja diadakan secara langsung dengan sejumlah protokol kesehatan yang berlaku.

Namun bila tidak memungkinkan, panitia juga telah menyiapkan rencana kedua berupa pelaksanaan FFI secara virtual.



"Kalau ngomong malam nominasi kalau memungkinkan kami akan menjalankannya di satu tempat, semua orang hadir tapi dengan protokol tetap. Kalau pun memang tidak bisa, kami siapkan virtual jadi semua kemungkinan kami siapkan," jelas Lukman Sardi.

Dia menyambung, "Sama dengna malam penganugerahan, di malam anugerah pun kami siapkan dua alternatif, di tempat dan virtual."

Hingga kini baru terkumpul 53 film Indonesia yang telah tayang di bioskop sepanjang periode Oktober 2019 hinga Maret 2020. Untuk menyiasati keterbatasan jumlah film tersebut, FFI kini memperbolehkan film yang tayang di layanan streaming untuk ikut serta.

Hal tersebut mempertimbangkan adanya sejumlah film yang terpaksa tertunda penayangannya karena bioskop yang tutup sejak masuknya pandemi virus Corona di Indonesia.



Nia Dinata selaku Komite Penjurian dan Seleksi bahwa FFI tetap harus diadakan untuk mengapresiasi karya sineas Tanah Air.

"Memang kita harus terus kasih semangat even terburuk 53 film ini pun harus tetap kasih semagnat dan apresiasi (untuk artis dan sineas). Dengan semangat kerendahan hati dan protokel kesehatan harus tetap diselenggarakan," ungkap Nia.




Simak Video "Akan Digelar saat Pandemi, Ini Harapan FFI 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com