Dunia Film di Era New Normal dalam Bayangan Reza Rahadian

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 03 Jun 2020 11:42 WIB
Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru.
Reza Rahadian. Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta -

Kebijakan new normal yang ditetapkan pemerintah berlaku di banyak sektor termasuk industri film. Di Indonesia, penetapan aturan lewat protokol kesehatan tengah didiskusikan.

Bagi Reza Rahadian, aturan new normal yang diterapkan nanti membutuhkan banyak penyesuaian. Sebab, sebuah produksi film yang melibatkan banyak orang mesti dihindari di situasi sekarang.

"Physical contact itu pasti ada antara pemain antara kru dll nah hal-hal itu yang mungkin harus dijaga. Tes kesehatannya seperti apa, kebersihan di lokasi, kemudian gimana mengkoordinasi departemen PU (pembantu umum), artistik untuk punya spot-spotnya sendiri," ungkapnya saat IG Live bersama detikcom belum lama ini.



Setiap syuting juga membutuhkan set yang tak sedikit. Ini juga disebut Reza menjadi tantangan tersendiri.

"Yang sulit dilakukan juga meminimalisir banyaknya set dalam lokasi syuting. Karena banyaknya set ini memungkinkan kita harus mobile ke sana kemari dan itu yang juga sulit untuk sekarang ini, karena orang-orang mungkin tak akan membiarkan tempatnya disewa untuk kebutuhan syuting," imbuhnya.



Badan Perfilman Indonesia sendiri tengah mendiskusikan tentang protokol kesehatan bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tak hanya produksi film, aturan mengenai tata cara menonton di bioskop juga didiskusikan.



Simak Video " Ini Aturan New Normal bagi Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/imk)