Hari Buruh, 5 Film Ini Kisahkan Perjuangan Buruh dan Pekerja

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 01 Mei 2020 15:29 WIB
12 Years A Slave (IMDB)
Foto: 12 Years A Slave (IMDB)

12 Years a Slave (2013)

12 Years a Slave adalah film drama-biografi yang diadaptasi dari memoar Twelve Years a Slave (1853) oleh Solomon Northup, seorang pria Afrika-Amerika yang diculik di Washington, DC oleh dua penipu di 1841 dan dijual sebagai budak. Northup dipekerjakan di perkebunan di negara bagian Louisiana selama 12 tahun sebelum dibebaskan.

12 Years a Slave disutradarai oleh Steve McQueen, dan naskahnya ditulis oleh John Ridley. Chiwetel Ejiofor berperan sebagai Solomon Northup. Michael Fassbender, Benedict Cumberbatch, Paul Dano, Paul Giamatti, Lupita Nyong'o, Sarah Paulson, Brad Pitt, dan Alfre Woodard sebagai pemeran pendukung.

Roma (2018)

Roma mengikuti Cleo (diperankan nominee Aktris Terbaik Academy Awards 2019 Yalitza Aparicio), seorang pekerja rumah tangga muda yang tinggal di rumah untuk keluarga kelas menengah di Mexico City, Meksiko.

Terinspirasi dari kisah nyata sang sutradara, Alfonso CuarĂ³n, mengisahkan tentang hubungan Cleo dengan keluarga yang retak, dengan pergolakan sosial-politik yang terjadi di Meksiko pada saat itu.

Roma yang mendapatkan 10 nominasi dalam Academy Awards 2019 ini tak berfokus pada isu buruh pada umumnya, melainkan menceritakan sisi lain yang dikemas dengan dramatis dan intim melalui nuansa monokrom.

American Factory (2019)

American Factory adalah film dokumenter Amerika yang disutradarai oleh Steven Bognar dan Julia Reichert. Film ini menceritakan tentang pabrik perusahaan China Fuyao di Moraine, Ohio, yang menempati Majelis Moraine, pabrik General Motors yang ditutup.

Film ini tayang perdana di Sundance Film Festival 2019, dan didistribusikan oleh Netflix, serta merupakan film pertama yang diproduksi oleh Barack dan Michelle Obama melalui Higher Ground Productions.

American Factory memenangkan piala Oscar untuk Fitur Dokumenter Terbaik pada Academy Awards 2020.

Halaman

(imk/imk)