detikHot

movie

5 Fakta Ratu Ilmu Hitam, Film Horor yang Tayang di Bioskop Hari Ini

Kamis, 07 Nov 2019 16:56 WIB Lusiana Mustinda - detikHot
Ratu Ilmu Hitam. Foto: dok.Rapi Film Ratu Ilmu Hitam. Foto: dok.Rapi Film
Jakarta - Setelah film 'Perempuan Tanah Jahanam', bioskop tanah air kembali diramaikan dengan 'Ratu Ilmu Hitam'. Ini beberapa fakta tentang film horor yang tayang mulai hari ini.

Ratu Ilmu Hitam merupakan film horor legendaris yang di daur ulang. Film yang diproduksi oleh Rapi Film ini sudah tayang di bioskop hari ini pada 7 November 2019.


Film horor Indonesia ini karya sutradara Kimo Stamboel dan naskahnya ditulis oleh Joko Anwar. Seperti apa sih filmnya? Sebelum nonton, cek yuk beberapa hal menarik tentang film Ratu Ilmu Hitam:


1. Ratu Ilmu Hitam 1981

Film ini merupakan remake dari film dengan judul yang sama tahun 1981. Ratu Ilmu Hitam 1981 dibintangi oleh Suzzana, Alan Nuari, WD Mochtar, Teddy Purba dan Sofia WD.

Film ini juga menjadi film horor terbaik Indonesia dan masuk nominasi piala FFI 1982 untuk kategori Aktris Terbaik, Pemeran Pembantu Pria Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik dan Sinematografi Terbaik.


2. Kolaborasi Kimo Stamboel dan Joko Anwar

Sutradara Kimo Stamboel mendapat kesempatan untuk menggarap ilang film horor Ratu Ilmu Hitam. Ia berduet dengan Joko Anwar untuk menggarap ulang film horor ini. Namun, dalam produksi film ini Joko Anwar sebagai penulis skenario dan Kimo duduk di kursi sutradara.


3. Perbedaan Ratu Ilmu Hitam Dulu dan Sekarang

Dikutip dalam detikHot, Kimo menjelaskan perbedaan film Ratu Ilmu Hitam di era Suzzana dengan sekarang.

"Perbedaannya dari angle segi cerita ini sangat beda sekali maksudnya ceritanya beda, karakternya beda, yang membuat sama itu sebenarnya memang dendamnya itu sih. Tema utamanya, dendamnya itu, masih kental di sini namun kalau dulu itu sangat jelas," kata Kimo dalam konfrensi pers Ratu Ilmu Hitam, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Tahun '81 juga gokil bro jadi gimana ya gue ngelihatnya I think it's something, gue justru takut kalah gokil sama yang '81 makanya gue push terus supaya bisa ini. (terbebani) of course lah, gila lo men, tahun '81 udah kayak gitu gue harus bikin lebih baik lagi," kata Kimo.

4. Pemain

Deretan nama aktor papan atas turut meriahkan film Ratu Ilmu Hitam. Mereka adalah Ario Bayu, Hannah Alrasyid, Zara "JKT48", Ari Irham, dan Muzakki Ramdhan yang merupakan satu keluarga.

Selain itu ada juga Miller Khan, Yayu Unru, Tanta Ginting, Putri Ayudya, Ruth Marini, Sheila Dara, Imelda Therinne, Salvita Decorte, Ade Firman Hakim, Shenina Cinnamon, Giulio Parengkuan, dan masih banyak lagi.

5. Sinopsis

Hanif sejak kecil tinggal di panti asuhan. Setelah lama ia meninggalkan panti asuhan yang telah membesarkannya, Hanif mengajak Nadya, istri serta tiga anaknya untuk berkunjung. Awalnya mereka ingin ke Bali, namun keadaan Pak Bandi, pengasuh panti yang tua dan sakit keras menjadi pertimbangan tersendiri untuk berkunjung.

Anton dan Jefri, sahabat lama Hanif yang besar di panti pun turut hadir dengan membawa istri masing-masing. Panti asuhan ini letaknya jauh dari kota dan bahkan tak terdeteksi oleh Google Maps.

Niat untuk menemani Pak Bandi pun berbuah tragis. Satu per satu dari mereka diteror dengan hal-hal yang menakutkan hingga korban berjatuhan. Kalau tidak mati ya hilang.

Ada sosok yang sepertinya menaruh dendam. Ia ingin semua orang di situ mati. Dahulu memang ada cerita yang cukup mengerikan. Salah satu perempuan pengasuh panti mengalami gangguan kejiwaan. Ia dikurung dalam sebuah kamar. Perempuan tersebut berontak dan berusaha keluar dengan cara menggedor pintu dengan kepalanya. Bukan pintu yang terbuka namun kepalanya yang pecah.

Penasaran dengan kelanjutan ceritanya? Yuk, tonton film Ratu Ilmu Hitam!






Simak Video "Lantang Bubarkan KPI, Joko Anwar Disambut Tepuk Tangan Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com